Sistem Nilai Ujian OSCE - 23711150

FEEDBACK OSCE Ketrampilan Medik Semester 2 TA 2023/2024

18 Juli 2024

23711150

Station Feedback
FISIK THORAX informed consent: sudah lengkap, persiapan pasien: sudah lengkap. cuci tangan: lengkap. toraks posterior: cara palpasi seperti ragu-ragu, taktil fremitus menggunakan telapak tangan agak menelungkup (?) hantaran bisa tidak terasa, palpasi pengembangan paru, terlalu ke bawah, teknik perkusi harusnya menggunakan wrist joint bukan elbow (bisa bikin nyeri), perkusi pengembangan paru secara teori kanan dan kiri ya, terdengar vesikuler saat memeriksa auskultasi paru (perlu disampaikan adakah suara tambahan?), lain-lain sudah lengkap. anterior paru: teknik perkusi harusnya menggunakan wrist joint bukan elbow (bisa bikin nyeri), auskultasi paru suara terdengar normal (jenis suara normal itu apa?) selain wheezing ada suara apa lagi. anterior jantung: lokasi ictus cordis di SIC V (linea apa belum disampaikan), interpretasi palpasi pulsasi katup itu apa? perkusi batas jantung disampaikan sesuai pemeriksaan jangan hapalan nilai normal, linea mana dan SIC berapa (belajar lagi linea sternalis parasternalis midclavicula itu dimana, yang ditunjuk SIC VI tapi bilangnya IV, kiri yang diperkusi tapi bilangnya kanan karena nilai normal), arti dari batas jantung yang sesuai itu apa? (ada pembesaran jantung / tidak?), auskultasi katup yang memakai bell hanya mitral atau ictus cordis, yg lain memakai membran. auskultasi katup tidak terdengar artinya normal tapi kalau terdengar juga normal? (interpretasi auskultasi katup yang benar bagaimana???)
PEMASANGAN EKG belum meminta pasien utk tdk berbicara dan tdk bergerak. belum membersihkan alat dan belum cuci tangan
PEMASANGAN KATETER KATETER PEREMPUAN Informed consent: cukup baik dan lengkap, Persiapan pasien: jangan lupa meminta pasien untuk rileks, Pemasangan kateter: sebelum memakai handscoon steril jangan lupa cuci tangan, saat memasukkan selang kateter bisa sambil meminta pasien untuk tarik napas dan rileks, Edukasi belum lengkap.
PEMERIKSAAN ABDOMEN Informed consent sudah dilakukan // Persiapan pasien sudah dilakukan // Persiapan alat belum dilakukan // Inspeksi Regio Costovertebra sudah OK // Bapak nya disuruh tidur, bangun, tidur lagi, membuat kurang nyaman ya mas // Inspeksi suprapubik belum dilakukan // Belum menghangatkan tangan dan membran stetoskop // Persiapan pasien bukan kakinya di ganjal bantal ya mas, tetapi lutut nya yang di tekuk // Teknik auskultasi sudah OK // Teknik perkusi sudah OK // Teknik Palpasi sudah OK // Teknik Bimanual Ginjal belum dilakukan karena waktu habis // Teknik ketok ginjal belum dilakukan karena waktu habis // Mas, sebenernya sudah bagus performanya, hanya manajemen waktu coba di atur kembali ya mas
PEMERIKSAAN GYNEKOLOGI persiapan pasien kurang lengkap ya, tidak menyebutkan alat2 yg diperlukan, pelaporan inspeksi luar tidak lengkap.
PEMERIKSAAN LEHER Ic:ok, alat:tidak disiapkan. cuci tangan sebelum + sesudah+, inspeksi:+, palpasi:ok, auskultasi: ok, limfonodi: pakai 3 jari ya tekan yang gantel bukan di gelitik atau dengan jari-jari 1-1. dek megangnya jangan terlalu kuat ya pasiennya sakit soft ya megangnya
PEMERIKSAAN PAYUDARA alhamdulillah sudah baik dan sistematis.
PEMERIKSAAN PAYUDARA alhamdulillah sudah baik dan sistematis.
PENGECATAN GRAM/ZN tujuan: identifikasi bakteri berdasarkan komposisi peptidoglikan pada dinding selnya
Download PDF