Sistem Nilai Ujian OSCE - 23711110

FEEDBACK OSCE Ketrampilan Medik Semester 2 TA 2023/2024

18 Juli 2024

23711110

Station Feedback
FISIK THORAX persiapan alat, jangan lupa cek alatnya ya, misal stetoskop nah itu benar2 dicek bs berfungsi apa tdk stetoskopnya, px fisik thorax POST dan ANT : saat px perkusi batas pengembangan paru, saat mnt pasien tarik napas jgn lupa instruksi mnta tahan nafas dl,, auskultasi : JANGAN LUPA AUSKULTASI THORAX POSTERIOR dan ANTERIOR , pada px JANTUNG : pada palpasi itu ictus cordis aja, tidak perlu palpasi untuk katup, karena untuk katup nanti akan diperiksa saat pemeriksaan auskultasi. untuk pemeriksaan thorax jantung perkusi jangan lupa perkusi batas pinggang jantung, tidak hanya batas atas jantung. kemudian untuk pemeriksaan auskultasi itu masing2 ya, thorax paru post dan anterior, baru kalau udah masuk px jantung, ya auskultasi jantung, jangan dicampur auskultasi paru dan jantung bersamaan. auskultasi jantung tidak hanya di ictus(pakai corong), tapi cek di 4 katup mintral, trikuspid, aorta, pulmo jantung juga pakai membran stetoskop. tingkatkan komunikasi dan profesionalisme nya sebegai dokter ya..
PEMASANGAN EKG belum menghubungkan EKG dengan sumber listrik. belum meminta pasien untuk tdk berbicara dan tdk bergerak.
PEMASANGAN KATETER KATETER PEREMPUAN Di awal tetap perkenalkan diri dulu kepada pasien dan lakukan informed consent, jangan lupa persiapkan pasien (meminta pasien membuka pakaian bagian bawah, berbaring, rileks), lupa memasang duk, komunikasi dengan pasien minimal sekali, saat melakukan tindakan jangan lupa izin dulu dengan pasien dan meminta pasien rileks dengan menarik napas.
PEMERIKSAAN ABDOMEN Informed consent sudah OK // Persiapan pasien sudah OK // Persiapan alat kok hanya stetoskop saja mbak ? // Inspeksi hanya inspeksi abdomen saja ? Suprapubik nya kok belum di auskultasi ? Costovertebra juga belum di inspeksi // Teknik auskultasi sudah OK // Teknik perkusi sudah OK // Teknik palpasi sudah OK // Teknik bimanual ginjal sudah OK // Teknik ketok ginjal sudah OK //
PEMERIKSAAN GYNEKOLOGI persiapan pasien kurang lengkap ya, tidak menyebutkan alat2 yg diperlukan, pelaporan inspeksi luar tidak lengkap
PEMERIKSAAN LEHER IC: ok, alat: tidak diakukan, cuci tagan sebelum+sesudah+, ispeksi:ok, palpasi: ok, aukultasi:interpretasi tidak sesuai pemeriksaan. limfanodi: lokasi pasa superficial dan deep dan supra clavicula, pakai 3 jari ya tekan yang gantel bukan di gelitik atau dengan jari-jari 1-1.tolong belajar lagi anatominya ya
PEMERIKSAAN PAYUDARA Informed consent sdh lengkap, inspeksi dr posisi samping dan depan, dan memeriksa di kedua payudara, saat melakukan pemeriksaan dengan palpasi laporannya jangan "tidak tampak adanya benjolan" tetapi "tidak teraba benjolan" karena esensi dari palpasi adalah perabaan, sedangkan inspeksi adalah penglihatan (oakai kaliat "tampak/tidak tampak)
PEMERIKSAAN PAYUDARA Informed consent sdh lengkap, inspeksi dr posisi samping dan depan, dan memeriksa di kedua payudara, saat melakukan pemeriksaan dengan palpasi laporannya jangan "tidak tampak adanya benjolan" tetapi "tidak teraba benjolan" karena esensi dari palpasi adalah perabaan, sedangkan inspeksi adalah penglihatan (oakai kaliat "tampak/tidak tampak)
PENGECATAN GRAM/ZN Tujuan pengecatan: pelajari definisinya, yaitu identifikasi bakteri gr + atau - berdasarkan komposisi komponen pepditoglikan pada dinding sel nya // cuci tangan : yg setelah tindakan belum dilakukan
PERMERIKSAAN ANTROPOMETRI saat informed consent disampaikan sekilas alat2 apa yang akan digunakan....baiknya timbangan digeser dan dicek searah dengan jarum....microtoise dicek dulu sebelum digunakan, posisikan dan pastikan kepala di frankfurt horizontal plane dari samping....utk periksa LLA berbaring, lengan diganjal bantal yg nyaman, jika akan ukur lengan kiri maka posisikan kepala pasien yg baik sehingga kamu tidak menyilangi pasien,,,,utk periksa TLK biceps & triceps, posisikan duduk di kursi saja krn jika di bed sulit utk periksa triceps....ukur lingkar pinggang, pastikan pita ukur sejajar, posisikan pita ukur di tengah crista iliaka-PSIAS, pita ukur tidak lurus, terlalu ke bawah, dan terlalu longgar, bisa minta bantuan pasien untuk melingkarkan pita ukur.....duduk di depan pasien (ada di bed) maksudnya mau ukur apa ya?....utk periksa TLK biceps & triceps, dlengan difleksikan 90 derajat, cari titik tengah, lengan diluruskan dan diukur.
Download PDF