Sistem Nilai Ujian OSCE - 23711096

FEEDBACK OSCE Ketrampilan Medik Semester 2 TA 2023/2024

18 Juli 2024

23711096

Station Feedback
FISIK THORAX Infromed consent cukup, cara resiko dan persetujuan disampaikan, perispan alat pastikan stetoskop dalam kondisi baik ya, persiapan pasien cukup. Pemeriksaan thoraks posterior, inspeksi cukup, palpasi orientasi cukup boleh ditambah kondisi kelainan seperti krepitasi atau massa. fremitus taktil dillakukan. perkusi cukup tetpai perhatikan pada pengembangan paru interpretasi sonor ke redup agak terlewat / bergeser. Pemeriksaan thorak anterior paru, inspeksi cukup, palpasi orientasi tidak hanya nyeri yang disampaikan, krepitasi dan massa bisa ditambahkan. fremitus taktil dilakukan. Auskultasi paru perhatikan instruksi yang diberikan ke pasien ya tarik nafas dan mengeluarkan nafas. Pemeriksaan thoraks anterior jantung inspeksi penilaian ictus cordis dilakukan, palpasi katup jantung dapat diperhatikan ya, perlahan jangan terburu-buru bergeser. perkusi batas jantung cukup tetapi sering lupa lokasi yang sudah dilakukan perkusi ya, auskultasi katup jantung dan ictus cordis dilakukan. secara keseluruhan baik, tambahan perlu diperhatikan terkait interpretasi lokasi lokasi katup jantung.
PEMASANGAN EKG Dipasang pada posisi yg benar ya mas agar pasiennya tetap nyaman dan tidak kesakitan. pada lead ekstremitas bawah pemasangan diatasnya maleolus, di tmpat yg tidak berambut. Jika pasien sampai merasa tidak nyaman jangan lupa minta maaf pada pasiennya.
PEMASANGAN KATETER meletakkan tutup kasa, dibalik supaya bagian yang steril tidk terken ameja, habs waktu
PEMERIKSAAN ABDOMEN inspeksi dari ssaat duduk kurang, palpasi belum mencakup seluruh abrijemn
PEMERIKSAAN GYNEKOLOGI IC OK. Persiapan alat selesaikan dulu, pakai handscoon baru inspeksi ya bukan kebalik. Inspeksi genitalia eksterna belum lengkap, sampaikan mulai dari kondisi pubis, vulva, klitorois, Labia mayot minor, komisura posterior, perineum dan discharge dari vagina. Desinfeksi genital caranya belum benar, satu sisi kapas/kassa hanya untuk satu usap ya jangan bolak balik naik turun. Cara pegang spekulum belum benar. saat memasukkan spekulum tangan kiri menyibakkan labia ya dek. cara melepas spekulum juga salah, tidak dimasukkan ke larutan klorin. lihat video cara pegang spekulum yang benar jari telunjuk di atas spekulum untuk fiksasi. Bimanual tidak lengkap, tidak cek nyeri goyang serviks (dg menanyakan ke pasien) dan parametrium
PEMERIKSAAN LEHER cucitangan who yg benar ya, jangan lupa inspeksi dg senter, pemeriksaan linfonodi coba lihat lagi dermatom nya terutama yg dae supraclavicula, dan sekitar m sternocleido mastoideus
PEMERIKSAAN PAYUDARA Belum melaporkan tujuan pemeriksaan. Belum meminta untuk ditemani keluarga/perawat sbg saksi & tidak cuci tangan sebelum pemeriksaan. Pelaporan inspeksi kurang lengkap. Palpasi penekanan kurang dalam.
PEMERIKSAAN PAYUDARA Belum melaporkan tujuan pemeriksaan. Belum meminta untuk ditemani keluarga/perawat sbg saksi & tidak cuci tangan sebelum pemeriksaan. Pelaporan inspeksi kurang lengkap. Palpasi penekanan kurang dalam.
PENGECATAN GRAM/ZN Alat dan bahan yang dipersiapkan masih belum lengkap. Sebutkan dan persiapkan semuanya ya. Jelaskan tujuan pengecatan di awal. Jangan lupa membersihkan alat dan bahan jika sudah selesai.
Download PDF