Sistem Nilai Ujian OSCE - 21711104

FEEDBACK OSCE Ketrampilan Medik Semester 6 TA 2023/2024

12 Juli 2024

21711104

Station Feedback
STATION IPM 1-urogenital Anamnesis: OLDChART cukup lengkap, ada gejala penyerta yg bm tergali, skala nyeri perlu digali karena pasien menyebutkan nyerinya hebat, Px: abdomen IAPP ya, balotemen ginjal perlu diperiksa, pemeriksaan daerah flank (inspeksi, papasi dan nyeri ketok) blm dilakukan, px penunjang: CBC (lekosit 9000 masih normal, dan USG (tidak selalu ada ya ini, lbh aman pakai radiologis), dx kerja: perlu menilai kondisi utama pasien saat ini yg memerlukan tatalaksana segera (nyeri) ec diagnosis kausatif bila sudah tegak, gunakan susp bila blm tegak. DD dijadikan DK, DK tdk tepat, tatalaksana, pemilihan golongan obat tidak tepat (antimual dan antibiotik), perhatikan keluhan utama pasien adalah nyeri pasien yg sangat hebat sehingga perlu penanganan nyeri yang cepat.
STATION IPM 10 IMUNISAS Anamnesis: belum ditanyakan riwayat kelahiran (lahir spontan? dimana? kondisi anak saat lahir bbl/pbl?penyulit?dll); Jenis Imunisasi: 4 jenis imunisasi sudah tepat tetapi hanya menjelaskan 4 tujuan imunisasi dengan benar; Tatalaksana: pemilihan jarum kurang tepat, ; komunikasi dan edukasi: cukup
STATION IPM 2 GENITAL GENITAL px prosedur klinis sdh baik, dx benar, tx blm tepat
STATION IPM 3 SIRKUMSISI Meskipun jarum sudah ada di meja tetap dipersiapkan ya mbak // Teknik Desinfeksi tidak tepat // Mbak Premitya kok posisi mu kayak gak nyaman saat melakukan anestesi // Persiapan alat sudah OK // Teknik anestesi sudah OK // Teknik release sudah OK // Cara membersihkan smegma sudah OK // Pinset sudah di bengkok alat Kotor tapi dipakai lagi // Waktu sudah habis belum menyelesaikan tahapan setelah penjahitan angka 8 // Belum sempat melakukan pengguntingan preputium melingkar // Edukasi belum dilakukan // Next manajemen waktu diperbaiki kembali ya mbak
STATION IPM 4 KONSELING KB Ax: belum tergali RPD, riw kehamilan/kelahiran (disampaikan langsung sama pasien), riw mens sebelumnya, riw KB sebelumnya). Penjelasan mengenai macam2 alat KB kurang sistematis (tdk membuat pengelompokan yg sistematis utk memudahkan pasien. Penjelasan ttg Co tdk didasarkan pada kondisi pasien yg sdh memiliki 4 anak (informasi2 kunci ini blm cukup tergali, didapatkan secara sambil lalu karena ax tdk tergali sepenuhnya). Alternatif yg disampaikan langsung mengerucut di satu dan tidak memberi kesempatan pasien utk membuat pilihan. Di akhir setelah ditutup diberikan tambahan alternatif yg bs dipilih yaitu Co, tapi candidat tdk mengaitkan dgn kondisi pasien terkait riw paritasnya.
STATION IPM 5 ASUHAN ANTENATAL Ax : ; UK : ; Px fisik : status generalis lakukan dg sistematis ya. belum cek antropometri ; Px Obstetri : cek leopold yang bener ya ga cuma raba2 aja, cek TFU kebalik, cek DJJ 5 detik pertama dan berapa? pelajari lagi pemeriksaan fisik dan obstetri ya; Px penunjang : OK ; Diagnosis : OK lengkap; Tx : obat dan sediaan sudah baik, frekuensi pemberian belum sesuai dg kondidi ibu saat ini
STATION IPM 6 PIMPINAN PERSALINAN Penegakkan diagnosis: oke, lengkapp. Tanda kala 2 persalinan sudah disebutkan, good. Hati hati ujung korentang steril yaa, jangan sampe nyentuh ke benda2 yang tidak steril. Jangan lupa pakai apron dek, dan lengannya digulung yaa, jangan nglewer2 begitu, resiko ngenain lokasi yang seharusnya steril. Cara melakukan perasat ritgen belum benar ya, bagaimana posiis tangannya belumt epat itu dek, latihan lagi ya, belajar lagi yang benar bagaimana. Saat bayi sudah lahir, jangan lupa hisap mulut dan hidung bayi dulu yang pertama dek, jangan buru2 ngeklem tali pusat ya, lebih tleiti lagi dek urutannya. Sesudah bayi lahir seharusnya injek oksitosin dulu ay dek sebelum melahirkan plalsenta, hati hati ya. Pada saat penarikan plasenta, dekatkan klem ke arah perineum yaa dek untuk menrarik.
STATION IPM 7 KONTRASEPSI (PEMASANGAN AKDR/IUD) IC kurang lengkap ya dek belum menyampaikan cara secara detail ya, persiapan pasien belum meminta ps BAK terlebih dahulu..persiapan alat Ok, proses pemasangan IUD saat jepit portio penggunaan alatnya menjepit tidak tepat ya dek itu yang dipakai oleh dek premitya bukan tenakulum yaaa :( lalu saat pemasangan IUD juga itu tidak sempurna ya dek pemasangannya, terlalu turun itu IUDnya...edukasi kurang lengkapp ya dek...seharusnya disampaikan kapan kontrol lagi dan kapan harus datang ke klinik ya dek..semangat belajar lagi ya dek..
STATION IPM 8 RESUSITASI NEONATUS IC ok, urutan langkah awal ok, tapi kenapa posisimu di samping bayi, bukan di sisi kepala bayi?VTP efektif itu berapa lama? pasang ET itu ya dicek dulu oksigennya masuk apa nggak. Kompresimu kenapa dari arah kepala bayi? posisi 4 jari yang lain di mana,tekanan seberapa dalam?masukkan epinefrin apakah sudah menggunakan UVC yang tepat? pemahaman alur kalau HR sudah di atas 60 harusnya diapakan? kalau HR >100 napas belum spontan apa betul diturunkan VTPnya?
STATION IPM 9 ANAK belajar lagi untuk semua ya
Download PDF