Sistem Nilai Ujian OSCE - 21711017

FEEDBACK OSCE Ketrampilan Medik Semester 6 TA 2023/2024

12 Juli 2024

21711017

Station Feedback
STATION IPM 1-urogenital lumbal 4 apakah posisi ginjal?, dirujuk ya harusnya
STATION IPM 10 IMUNISAS Anamnesis kurang leengkap ya dek. Selain riwayat kelahiran normal, kamu perlu tanyakan juga riwayat kelahiran lainnya, kemudian kamu juga perlu menanyakan dia ada riwayat kontak dengan sakit tertentu yang mungkin berkaitan dengan imunisasi yang akan kamu berikan, atau ada penyakit tertentu sebagai kontraindikasi pemberian imunisasi ini. Lebih tetliti lagi ya dek. Seharusnya membuang ke dalam safety box itu tidak boleh recapping ya dek, tidak boleh ditutup lagi jarumnya. Lebih hati hati ya dek. Selebihnya teknik sudah betul. Edukasi: Tindakan pasca imunisasi harus disampaikan ya dek, kalau demam harus gimana, kalau ada benjolan harus gimana, itu harus disampaikan jelas ya dek. Kemudian edukasi untuk imunisasi berikutnya sudah oke dan lengkap.
STATION IPM 2 GENITAL GENITAL IC: belum menjelaskan bagaimana prosedur pemeriksaan, belum meminta BAK dan memposisikan pasien. membuka semua slimut pasien? apakah tidak malu itu pasiennya? tolong jaga privasi pasien ya walau doketer juga perempuan. silahkan konfirmasi ulang status pasien pakah nona atau nyonya dan bagaimana status sexnya, hal ini penting juga untuk memilih spekulum. tidak melakukan inspeksi sebelum mendesinfeksi vulva. vulva hyginr menggunakan betadin apakah tidak akan mrmprngaruhi smaple nanti? bakterinya mati tidak? inspeksi sekren di lakukan setelah desinfeksi (kan sudah bersih mau lihat apa). sudah pasang duk dan spekulum (perhatikan kenyaman pasien ya ssaat pasang spekulum), sudah inspeksi inspekulo, kenapa mengunakan lidi kapas punyanyanya yang untuk kultur untuk pemeriksan lain? kenapa sample kulturnya di masukkan di dalam plastik? bukan ke dalam transport?sedikit pemborosan ya menggunakan lidi kapas untuk media kultur namun digunakna untuk mengambil sampil lainnya. menganti sarung tangan steril menjad bersih, membersihkan bagiaan dalam vagina menggunakan povidon idine, namuan tidak inspeksi setelah pembersihan, tidak membersihkan bagian luar setelah tindakan. interpretasi gram: kurang lengkap. Dx sesuai, Tx: sesuai
STATION IPM 3 SIRKUMSISI kenapa pake duk separo?, release yg benar ya biar gampang setelahnya, gunakan alat yg semestinya, gunting incisi dg benar, needle holder dg benar, habis waktu baru mau jahit frenulum
STATION IPM 4 KONSELING KB Anamnesis cukup. Problem dan penyebab sdh tergambar, solusi blm terlalu detil. Sdh mencontohkan dgn benar, dan sudah meminta ibu untuk mempraktikkan. Bbrp materi mengenai edukasi masih ada yg kurang sesuai (misal frekuensi menyusui). Belum melakukan apresiasi atas apa yg dilakukan ibu.
STATION IPM 5 ASUHAN ANTENATAL Kalau stria melihatnya di perut dan paha. Cervix melihatnya bagaimana Mbak, kalau pemeriksaan luar? Edema kaki ada atau tidak belum diperiksa. Interpretasi darah lengkap tidak tepat. Tatalaksana kurang dosisnya.
STATION IPM 6 PIMPINAN PERSALINAN Diagnosis kurang lengkap. Cara melakukan parasat Ritgen tidak tepat. Pemeriksaan kemungkinan bayi kedua kok lewat vagina dik ?. Cara menggunting tali pusat seharusnya satu tangan melindungi perut bayi.
STATION IPM 7 KONTRASEPSI (PEMASANGAN AKDR/IUD) jangan lupa buang udara dari spuit; jangan pernah pasang mess pada skalpel dengan tangan, selain tidak lege artis juga berbahaya bagi operator, apalagi kalau alat baru; belum mengecek anestesi sudah kerja atau belum; belajar lagi posisi tangan saat melakukan anestesi, perlu fikasasi dengan tangan kiri spuitnya; perhatikan bahan habis pakai yg sudah kontak dengan pasien jangan dibuang lagi di troli steril; edukasi bisa dilengkapi terkait efek pemasangan implan bengkak, perdarahan, nyeri, aktivitas yg seperti apa yg bisa dikerjakan
STATION IPM 8 RESUSITASI NEONATUS Asisten: posisi salah, kedalaman kompresi kurang, jari2 tidak melingkar ke tubuh bayi. Kenapa bingung? saat cek HR- VTPnya kok berhenti? Pasang ET nunggu SpO2 90%? Usia bayi berapa menit?? Pemasangan ET terlalu dalam. Dada tidak mengembang simetris- apa yang dilakukan? HR 60 kok lanjut VTP kompresi? HR 70 kok dimasukkan epinefrin? HR 120 kok dimasukkan epinefrin lagi? Alur resusitasi salah!
STATION IPM 9 ANAK anamnesis sudah sangat baik,pemeriksaan fisik sdh oke, hanya kurang interpretasi antropometri yg belum lengkap,dignosis ok,tatalaksana msih sangat kurang (waktu habis),edukasi sangat kurang (waktu habis)
Download PDF