Sistem Nilai Ujian OSCE - 21711012

FEEDBACK OSCE Ketrampilan Medik Semester 6 TA 2023/2024

12 Juli 2024

21711012

Station Feedback
STATION IPM 1-urogenital arah masang tensinya keliru ya, lumbal 4 kok ginjal? sediaain dan dosis ibu profen keliru,
STATION IPM 10 IMUNISAS Anamnesis: kurang lengkap ya dek, tidak hanya menanyakan riwayat imunisasi dan keadaan sekarang, tapi perlu kamu tanyakan riwayat kelahirannya bagaimana, dan apakah ada penyakit atau kontak dengan penyakit yang berkaitan dengan imunisasi yang akan kamu berikan, atau ada kontraindikasi apa pada pasinen yang bisa membuat pasien mungkin tidak bisa diimunisasi, itu harus kamu tanyakan ya dek. Lebih teliti lagi ya. Sesudah injeksi, spuit bekas harusnya langsung masuk safety box ya dek, dan tidak boleh recapping atau ditutup lagi jarumnya. Edukasi: kurang lengkap ya dek, seharusnya bukan hanya rencana imunisasi berikutnya, tapi kamu perlu edukasi tindakan pasca imunisasi, jika muncul hal hal lain apa yang harus dilakukan ortu, itu harus kamu edukasikan yaa.
STATION IPM 2 GENITAL GENITAL IC: belum menjelaskanprosedur tindakan, pasiennya belum melahirkan dok jadi belum tahu posisinya bagaimana. boleh konfirmasi dulu status pasiennya nona atau nyonya dan bagaiama stayus exualnya hal ini mempermudah pemilihan lat juga. sudah cuc tangan dan menyiapkan alat. sudah mengunakan NaCl untuk desinfeksi. membuka slimut pasien mengunkakan sarung tangan (ON), sudah mengaamati dicarge sebelum VH, VH mengunakan NaCL. tidak pasang duk. sudah inspeksi sebelum ambil secret. kenapa tidak meletakkan spesimen kultur di media trasmport malah di plastik kosong. perhatikan cara mengeluarkan spekulum ya. meminta hasil weth mouth, koh, gram. interteroporetasi gram kurang lengkap. dx sesuai dengan soal, tx: sesuai. belajarnya yang semangat ya ^_^
STATION IPM 3 SIRKUMSISI jangan biasakan pake handscoen kebesaran pake yg pas, mau desinfeksi koq penisnya dipegang ON, pake duk separo itu buat apa?, lokasi injeksi lido kurang pangkal penis, duuuuh merelease koq arah pean nya melengkung ke atas, mestinya ke bawah, wajib desinfeksi pake kassa povidone ya pasca release pada bagian mukosa preputium dan glands penis, kalo tidak dilakukan ini ON dan pasti infeksi, incisi pake gunting jaringan ya jangan pake gunting benang, yg dijahit koq glands penis dg kulit preputium salah fatal ini ya, jahit jam 6 sudah benar, edukasi komplikasi dan obat belum diberikan
STATION IPM 4 KONSELING KB Anamnesis sdh ok. Problem dan penyebabnya kurang tergali, tdk memberikan solusi sesuai dengan kasusnya. Disampaikan kepada pasien, "Ini kondisi normal setelah melahirkan" -- mhn dipelajari. Ketika mencontohkan cara masuknya puting ke mulut bayi, posisi bayi/cara menyangga bayi tdk tepat. Tdk meminta ibu utk mempraktikkan/menyampaikan apa.bagaimana teknik yg dilakukan dlm menyusui. DI akhir setelah penjelasan teknik, tdk meminta ibu utk praktik dan tdk mengkonfirmasi pemahaman (tdk meminta utk menyampaikan kembali apa yg sdh dipahami)
STATION IPM 5 ASUHAN ANTENATAL Terapi baru Nifedipin saja belum disampaikan dosisnya.
STATION IPM 6 PIMPINAN PERSALINAN Posisi tangan saat parasat Ritgen belum tepat. Proses melahirkan bahu depan dan bahu belakang kurang tepat.
STATION IPM 7 KONTRASEPSI (PEMASANGAN AKDR/IUD) tujuan pemasangan implan mohon dijelaskan secara singkat misal untuk memberi jarak kehamilan, bisa diperjelas mengenai cara misalkan dipasang di bawah kulit/ jelaskan posisi tangan pasien bagaimana saat pemasangan/ komunikasi dengan pasien tidak boleh pakai bahasa medis, biasakan dengan bahasa awam saat menginformasikan sesuatu kepada pasien/ perhatikan posisi siku dan bahu... bahu ada caput humerinya atau fosa cubiti/siku lebih datar, supaya tidak terbalik posisi pemasangannya/ sarung tangan agak kedodoran kalau pakai 7/ kalau pasang mess/bisturi menghadap bawah ya mb/ tidak membuang udara lidokain setelah lidokain dimasukkan dalam spuit. perhatikan volume lidokain dalam ampul berapa cc, kalau ditarik spuitnya sampai 1 cm apakah cukup untuk anestesi 2 implan. selain itu akan banyak udara yang dispuit, kalau udara tidak dibuang, akan menimbulkan emboli udara paska anestesi. cara anasetesi khususnya saat memegang spuit perlu belajar lagi, spuit harus difiksasi dengan tangan kiri, termasuk berapa banyak yg akan didistribusikan kalau ada 3 lokasi yg akan dianestesi. perhatikan cara mendistribusikan lidokain di lokasi anestesi/ edukasi sudah baik; pemasangan kasa bisa diberi plester supaya rapih dan tidak bergeser saat dibalut kasa gulung/ satu batang implan terpasang cukup dalam, dan satu ujung lainnya terpasang cukup dalam di bagian ujungnya/
STATION IPM 8 RESUSITASI NEONATUS Asisten: jari2 tidak melingkar ke tubuh bayi. Persiapan baik. Kain basah kok tidak diganti. Persiapan pasang ET- SpO2 > 95%?Usia bayi berapa jam? Memasang ET kurang hat-hati. Bagging tdk disambung ke O2 dan reservoar. Alur benar.
STATION IPM 9 ANAK anamnesis sudah baik, pemeriksaan fisik sdh oke hanya interpretasi antropometri masih kurang tepat (untuk pasien ini menggunakan penilaian apa sebaiknya?),dx kurang lengkap,terapi kurang lengakap (menyebutkan terapi nutrisi tidak lengkap dan tx mikronutrien tdk lengkap)
Download PDF