Sistem Nilai Ujian OSCE - 21711113

FEEDBACK OSCE SEMESTER 5 TA 2023/2024

06 Februari 2024

21711113

Station Feedback
IPM 1 ENDOKRIN, METABOLIK anamnesis: keluhan penyerta hipo-hipertiroid seperti tremor atau mata membesar atau berdebar atau suka panas - dingin belum tergali, kondisi endemis goiter belum tergali/ penunjang: baru minta DR/ dx: hipertiroid (karena belum minta fungsi tiroid) tidak perlu minta ct scan atau biopsi atau mri karena bukan kompetensi/ dd: hipotiroid / farmakologi: Lupa/ edukasi: sudah sesuai/ rujuk atau tidak (??)
IPM 2 GASTRO-AKUT ABDOMEN Px fisik: peristaltiknya bgmn? rebound tenderness? defans muscular? darm countour? darm steifung? rectal touch? dll. banyak kekurangannya, jangan buru2, waktu masih banyak. Px. penunjang: peningkatan netrofil disebut apa? apakah betul ada pembesaran hepar? apakah kelihatan di rontgen? belajar lagi menginterpretasi rontgen abdomen ya, apakah gambaran yang bisa dijumpai pada peradangan seluruh abdomen? ; Diagnosa: kurang tepat, perhatikan keseluruhan temuan fisik, apakah hanya appendicitis saja? ingat terdapat nyeri tekan pada seluruh lapang abdomen.
IPM 3 MLBM Mbak, itu kan di soal dituliskan lakukan pemeriksaan status lokalis ke pasien // Harusnya ke pasien ya mbak bukan ke manekin untuk penilaian pemeriksaan fisik agar bisa melakukan ROM dan Palpasi // Sebenernya mbak Arni sudah bagus dalam pemeriksaan status lokalis, tapi tidak ke pasiennya // Next ke pasien ya mbak // Kontrol perdarahan sudah OK // Teknik aseptik sudah OK // mbak Arni, itu handscoon nya kurang besar, cari ukuran yang pas ya buat tangan mbak Arni // Mbak, pembersihan luka pakai semprot spuit NaCl nggeh bukan Povidone iodine // Teknik Anestesi sudah OK // Teknik menjahit sudah OK, namun baru 1 jahitan saja, belum 2 jahitan, dan waktu sudah habis // Edukasi belum dilakukan karena waktu habis // Next, saran saya belajar untuk berlatih lebih banyak lagi mbak, agar bisa memanajemen waktu lebih baik lagi, sipp //
IPM 4 PSIKIATR utk pemeriksaan psikiatri mungkin tidak perlu eksplisit menyampaikan "apakah bersedia saya tanya2?". Diagnosis dan DD kurang tepat.
IPM 5 MUSKULOSKELETAL tidak dapat menyimpulkan anamnesa dengan baik. nyerinya di lutut, tapi pemeriksaan yg dilakukan adalah pemeriksaan neurologis. malah tidak fokus pada keluhan pasien. keluhan di lutut kiri, minta x ray kaki kanan? alur anamnesa, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang tidak mendukung dengan diagnosis yg diajukan. terapi salah dosis, na diclofenac 500 mg? edukasi ke pasien tidak dilakukan, waktu sudah habis.
IPM 6 GASTROHEPATO-NUTRIS Px fisik tidak lengkap dan tidak sistematis. Tidak menjaga kebersihan NGT. Tidak memposisikan pasien 1/2 duduk. Tidak meletakkan kain/handuk di dada pasien. cara fiksasi mudah lepas. Dalam 24 jam bila membaik, NGT dicopot? Besok kalau ujian OSCE perhatikan soal!
IPM 7 NEURO 1-CEDERA KEPALA anamnesis (RPD belum tergali, padahal ada data penting disana lho), Px. fisik minimaliiiiiis juga banyak banget yang gak di cek padahal hasilnya mendukung Dx. DX. dan DD gak tepat karena minim data yg ditemukan :'(. belajar lagi yaaa....
IPM 8 NEURO 2 AX : Belum tanyakan kebiasaan seperti makan rokok dll ya dek, axnya masih minim juga buat rpsnya jangan lupa tanya keluhan lain ya dek.... PX FISIK : vital sign ok provokasi nyeri kurang kontra patrick ya dek arni.. refleks fisiologis ok...dek arni pemeriksaannya jangan minim seperti ini yaa dilengkapi ya dek..karena dek arni belum cek status generalis yaa dan belum cek neurologis lain selain refleks fisiologis yaa..semangat belajar lagi ya dek.. DX dan DD : DX LBP ec HNP kurang tepat yaaaa DD tidak tepat yaa semangat belajar lagi ya dek... KOMUNIKASI : ok PROFESIONALISME : saat memeriksa refleks fisio achiles dek arni jangan jongkok gitu ya dek bisa duduk di kursi yaaa..
IPM 9 INTEGUMENTUM anamnesis: penggalian RPS cukup lengkap,kurang anamnesis sistem/gejala penyerta yang relevan, RPK, RPD selain keluhan serupa, dan RPsosek kebiasaan yang menjadi FR belum tergali, px: palpasi juga untuk mengetahui adanya peninggian dan tanda radang setempat, UKK: regio kurang lengkap, belum mendeskripsikan UKK lesi primer, segera cuci tangan setelah periksa ya, usulan penunjangnya sudah tepat, interpretasi belum tepat, kurang bentuk bakteri, jangan sebut GABHS --.coba ingat2 lagi apa kepanjangan dan bagaimana bentuknya--selain itu dengan Gram kurang bs mengidentifikasi jenis bakteri--harus pakai kultur. deskripsikan saja bakteri gram positif (ungu) bentuk bulat bergerombol. resep: OK tp nama pasien kok diisi wanita 25 tahun, kan td sdh kenalan. gimana caranya pasien ambil obat nanti kalau di apotek? cara komunikasi sdh baik, tetapi bila sudah selesai persilakan pasien kembali ke tempat duduk ya, jangan dicuekkin. cuci tangannya segera setelah periksa, baru bisa tulis2, karena berhubungan dengan cairan infeksius
Download PDF