Sistem Nilai Ujian OSCE - 23711223

FEEDBACK OSCE SEMESTER 1 TA 2023/2024

01 Februari 2024

23711223

Station Feedback
PEMERIKSAAN GAIT pemeribksaan neurovaskuler pada area yg ditentukan soal saja. belum periksa nerovaskuler legs.
PEMERIKSAAN KEKUATAN, TONUS DAN TROFI OTOT IC= sudah menjelaskan tujuan, cara, dan risiko pemeriksaan ; cuci tangan= mencuci tangan sebelum dan sesudah pemeriksaan ; trofi otot= sudah melakukan pemeriksaan secara lengkap dan benar ; tonus otot= hanya melakukan pemeriksaan gerakan pasif ; kekuatan otot= pemeriksaan kekuatan otot pada jari tidak dilakukan ; komunikasi= OK ; profesionalisme= OK
PEMERIKSAAN LAPANG PANDANG, OTOT EKSTRAOKULER, TEK Informed consent dan persiapan : cukup baik. Pemeriksaan otot ekstraokuler : Pemeriksaan yg menggunakan senter/penlight mengamati pantulan sinar pada kornea tidak dilakukan. Pemeriksaan TIO sdh baik..
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS pemeriksaan n7 ada yang kurang
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS DAN SENSIBILITAS Inform consent: ok ;Persiapan pemeriksa: sebaiknya di coba juga jarum/tusuk gigi ke pemeriksa ;Px Reflek biseps: jika ingin menyangga tangan kiri pasien jangan gunakan tangan kanan karena nanti mengayunkan palu jadi sulit, teknik mengayunkan palu reflek tidak benar (pusat ayunan di pergelangan tangan),reflek keluar ; Px reflek patela: teknik mengayunkan palu reflek tidak benar (pusat ayunan di pergelangan tangan), reflek keluar ; Px Protopatik nyeri: sebaiknya posisi pasien berbaring, seharusnya dalam 1 ekstremitas di periksa 2 dermatom (contoh ekstremitas atas berarti bisa di tangan dan lengan atas/bawah) ; Px sensibilitas raba halus: sebaiknya posisi pasien berbaring, seharusnya dalam 1 ekstremitas di periksa 2 dermatom (contoh ekstremitas atas berarti bisa di tangan dan lengan).
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR jangan lupa persiapan alat dan gunakan lup binokuler, bicara pada pasien nya tidak perlu buru2 dan gunakan bahasa umum bukan bahasa medis saat menjelaskan pemeriksaan yg dilakukan , jangan lupa cuci tangan itu pake mazhab who sebelum dan setelah ya, bukan yg sblm pake mazhab who yg setelahnya sekedarnya.
PEMERIKSAAN VISUS IC: untuk ic sdh sesuai, persiapan alat bs tlg disebutkan alatnya, lalu pencahayaan bs disebutkan sdh cukup apa blm. untuk pemeriksaan finger counting, jangan lupa sampai 1 m d depan pasien, kalo 1m d dpn pasien gbsa, bs maju 30cm lakukan hand shaking ya.kalau hand shaking tetap tidak bisa, maka baru cek dengan menggunakan penlight/senter nilai persepsi cahaya dan persepsi warna , persepsi warna jangan lupa dilakukan, cek pasien msh bs ga menilai warna mika nya itu warna apa saja. belajar lagi teknik pemeriksaan visus yg benar sehingga bs menentukan visus dg tepat dan intepretasinya juga tepat ya.
PEMERIKSAAN VITAL SIGN Jangan lupa melakukan persiapan dan pengecekan alat sebelum memulai pemeriksaan. Nadi : jangan hanya melaporkan frekuensi, tetapi juga kekuatan nadi,kualitas dan regularitas. Pernafasan : Jangan hanya melaporkan frekuensi, tetapi juga kedalaman pernafasan, regularitas, tipe.
UNIVERSAL PRECAUTION Setelah cuci tangan WHO harusnya siapkan dulu alat dan bahan yg akan digunakan: gown dibuka, handscoen sterile disiapkan, baru kemudian scrubbing. Cara mengambil kurentang, jika ada 2 yaitu diambil keduanya bersaman krn jika tidak, resiko kontaminan krn hanya bagian bawah yg steril.Sarung tangan yg sudah selesai dipakai direndam di larutan clorin utk dekontaminan ya, bukan utk sterilisasi.
Download PDF