Sistem Nilai Ujian OSCE - 23711216

FEEDBACK OSCE SEMESTER 1 TA 2023/2024

01 Februari 2024

23711216

Station Feedback
PEMERIKSAAN GAIT belum periksa legs: motorik, sensorik dan vaskuler....malah yg diperiksa ekstremitas atas..lebih teliti baca soal.
PEMERIKSAAN KEKUATAN, TONUS DAN TROFI OTOT ketika informed consent, sebaiknya posisi kita sejajar dg lawan bicara ya agar terasa lebih menghargai lawan bicara. sudah melakukan cuci tangan sebelum dan setelah pemeriksaan. sudah melakukan pemeriksaan trofi otot dg lengkap dan benar. sudah melakukan pemeriksaan tonus otot dg benar dan runtut. sudah melakukan pemeriksaan kekuatan otot dg benar dan runtut. dalam menanyakan bagian nyeri saat palpasi kpd pasien sebaiknya menggunakan bahasa awam, jika bahasa medis pasien tdk akan paham. komunikasi dg pasien sudah baik. memerhatikan kenyamanan pasien dan melakukan pemeriksaan dg teliti
PEMERIKSAAN LAPANG PANDANG, OTOT EKSTRAOKULER, TEK Informed consent dan persiapan : cukup baik. Pemeriksaan lapang pandang : oke. Pemeriksaan otot ekstraokuler : Pemeriksaan yg menggunakan senter/penlight mengamati pantulan sinar pada kornea tidak dilakukan. Pemeriksaan TIO sdh baik..
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS ok
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS DAN SENSIBILITAS Inform consent: ok ;Persiapan pemeriksa: sebaiknya di coba juga jarum/tusuk gigi ke pemeriksa ;Px Reflek biseps: reflek keluar sisi kiri saja; Px reflek patela: reflek keluar ; Px Protopatik nyeri: sebaiknya di jeda saat pemberian stimulus di sisi kanan dan kiri ; Px sensibilitas raba halus: sebaiknya di jeda saat pemberian stimulus di sisi kanan dan kiri
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR jangan lupa memakai lup binokuler, perhatikan jarak saat melakukan pemeriksaan dg placido,
PEMERIKSAAN VISUS IC: jika menjelaskan risiko, jgn lupa jelasin jg upaya apa yg km lakuin buat ngurangi risiko tersebut, persiapan alat sdh baik . cek pasien dimiinta tutup mata itu nutupnya udh bener blm? apa boleh ditekan? untuk pemeriksaan visus, finger counting dilakukan dari jarak 5m lalu maju perlahan hingga jarak 1 m d depan pasien, bukan dari jarak 1m mundur perlahan. selanjutnya, lanjutkan dengan Hand Shaking, baru lanjutkan dengan tes cahaya, baik persepsi cahaya dr mana dan persepsi warna. jangan terbalik ya, finger counting, hand shaking dl baru persepsi cahaya. belajar lagi interpretasi visus ya, jadi km bilang vissu 1/tak hingga itu artinyta apa, kalau visus 1/60 itu artinya apa. misal berarti pasien hny bs lihat dr jrk blablbal pdhl org normal blablabla. belajar lagi teknik pemeriksaan visus yg benara agar hasilnya nnti bs bener danintepretasi benar.
PEMERIKSAAN VITAL SIGN Cuci tangan : Lakukan cuci tangan sebelum dan sesudah tindakan. Jangan hanya sebelum tindakan saja. Suhu : Bersihkan ujung termometer terlebih dahulu. Jangan minta pasien untuk memasukan termometernya sendiri, mahasiswa harus memposisikan agar letaknya tepat. Tekanan darah : Perhatikan cara penggunaan stetoskop yang benar, arah tube dan ear tip yang tepat.
UNIVERSAL PRECAUTION oke
Download PDF