Sistem Nilai Ujian OSCE - 23711120

FEEDBACK OSCE SEMESTER 1 TA 2023/2024

01 Februari 2024

23711120

Station Feedback
PEMERIKSAAN GAIT Melakukan beberapa pemeriksaan yang tidak diminta di soal (sensoris dan motorik tubuh atas) --> hati-hati banyak waktu yang terbuang, kalau OSCE itu diperhatikan soalnya ya. Malah tidak melakukan pemeriksaan saraf motorik dan sensoris LEGS. Tidak cuci tangan WHO setelah pemeriksaan.
PEMERIKSAAN KEKUATAN, TONUS DAN TROFI OTOT baik
PEMERIKSAAN LAPANG PANDANG, OTOT EKSTRAOKULER, TEK Informed consent= sudah menjelaskan tujuan, cara, dan risiko pemeriksaan, sudah meminta persetujuan pasien ; Mempersiapkan pasien= sudah melakukan cuci tangan sebelum pemeriksaan tetapi tidak melakukan cuci tangan setelah pemeriksaan; Lapang Pandang= ketika pasien sudah melihat jari di perifer, tidak perlu menggerakkan jari lagi ke arah tengah. menggerakkan jari ke arah tengah ketika pasien tidak melihat jari di perifer. biarkan pasien yg menyampaikan terlihat atau tidak ; Px Otot Ekstraokuler= tidak melakukan pemeriksaan dg penlight untuk melihat sinar di tengah pupil dan simetris atau tidak. ketika menggerakkan jari membentuk huruf H sebaiknya tidak perlu dg gerakan putus-putus ; TIO= ketika pemeriksaan tidak menggunakan kedua telunjuk ; Komunikasi= sudah baik ; Profesionalisme= sudah memerhatikan kenyamanan pasien dan melakukan pemeriksaan dg teliti juga hati-hati
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS belum menjelaskan cara saat ic, baru menyampaikan kalau akan memakai alat yg ada di troli/ belum minta pasien rileks/ sudah melakukan tes raba dan sensasi nyeri di wajah--> laporan sudah baik tapi selalu bandingkan kanan dan kiri di laporan/ motorik 5 tidak perlu dilakukan/ motorik 7 hanya 5 laporannya normal bisa melakukan seperti orang normal?... perlu diperjelas normalnya bagaimana, bandingkan kanan dan kiri. laporkan juga kondisi wajah untuk posisi istirahat dan bicara/ n7 sensoris sudah baik --> laporan oke/ px n11 harus dibuka bajunya untuk lihat otot bahu, punggung dan leher... saat pasien menoleh ke kiri yang diraba bukan sternokleidomastoideus --> normal terjadi kontraksi (selalu bandingkan kanan dan kiri ya kalau laporannya/
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS DAN SENSIBILITAS Refleknya tidak muncul, untuk sensibilitas harus diujikan dulu ke tangan pemeriksa, belum cuci tangan setelah tindakan
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR perhatikan posisi duduk tdk mengangangkangi pasien ya, tdk cek rima palpebrae, gerakan mata, konjunctiva superior tdk dibalik, tdk cek sklera, interpretasi jangan hanya normal ya tp apa saja yang mau dicari dijelaskan. tdk cuci tangan, tdk inspeksi kornea diawal, pemeriksaan tdk sistematis, tdk cek lensa, shadow.
PEMERIKSAAN VISUS Zada sudah baik melakukan px tapi mengapa Zada melakukan pemeriksaan cahaya dan warna jika ps sudah bisa melihat dengan baik pd pemeriksaan lambaian tangan. interpretasi sudah benar.
PEMERIKSAAN VITAL SIGN Pernafasan dan Nadi bukan hanya dinilai frekuensinya, tetapi juga aspek kualitasnya seperti reguler/ireguler, kuat/lemah.
UNIVERSAL PRECAUTION Cara mengambil kurentang, jika ada 2 yaitu diambil keduanya bersaman krn jika tidak, resiko kontaminan krn hanya bagian bawah yg steril. Saat mengeringkan dengan handuk steril, tidak hanya bolak balik sisi ya dik, tapi betul2 berbeda are handuk. Berlatih lagi cara memasang handscoen dan juga cara melepasnya agar tidak terjadi kontaminasi.
Download PDF