Sistem Nilai Ujian OSCE - 23711098

FEEDBACK OSCE SEMESTER 1 TA 2023/2024

01 Februari 2024

23711098

Station Feedback
PEMERIKSAAN GAIT u mengukur ROM itu namanya goniometer ya dik bukan kampimeter, gait: hanya inspeksi dibagian ekstremitas inferior saja, px harusnya diposisi pasien supine, px sensoris harusnya pasien menutup mata, interpretasi? vaskular: palpasi arteri lokasinya salah. tdk melakukan px move examination (sdh diingatkan 2 kali)
PEMERIKSAAN KEKUATAN, TONUS DAN TROFI OTOT tidak melakukan pengukuran, cara periksa kekuatan otot lutut kurang tepat
PEMERIKSAAN LAPANG PANDANG, OTOT EKSTRAOKULER, TEK persiapan pasiena pemeriksa kurang sesuai, masih terhalang meja, px lapang pandang terlalu jauh, terhalang meja pemeriksa. px otot extraokuler salah, gerakan tidak sesuai huruf H tapi melingkar, px TIO tdk membandingkan dgn pemeriksa dan tidak meminta melihat bawah
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS informed consent: OK. persiapan: ok. NC I: benar. NC V: coba dicek kembali cara memberikan stimulus di kiri dan kanan ya. NC VII: px sensoris kurang tepat prosedurnya. seharusnya lidah pasien tidak ditarik ke dalam sebelum pemeriksaan selesai. gunakan kertas bertuliskan aneka rasa.px motorik keliru dengan pmeriksaan lidah (NC XII)
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS DAN SENSIBILITAS IC : Ok PERSIAPAN PEMERIKSAAN : cuci tangan ok tapi belum periksa alat yang akan digunakan untuk melakukan pemeriksaan sensibilitas ke diri sendiri yaa Px REFLEKS FISIOLOGIS : triceps ok patella ok PX SENSIBILITIAS : dek salman untuk periksa sensibilitas nyeri dan raba halus jangan lupa bedakan dermatom kanan dan kiri ya dek jadi setelah pemeriksa 1 stimulus langsung ke sisi berlawanannya jadi jangan 1 stimulus dihabiskan di 1 sisi ekstremitas yaaa...tapi prinsipnya selalu bandingkan kanan dan kiri yaaa..bukan kanan full lalu ke kiri yaaa...dan jangan lupa tanyakan intensitasnya dengan contoh kalimat "apakah sama rasanya kanan dan kiri?" semangat belajar selalu ya dek....
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR IC ok, cuci tangan ok, , duduk belum menyamping, lup terpasang namun blm dipake ya mas, px rima? ada ptosis, gerakan palpebra?konjungtiva palpebra superior hati2 pake cutton bud, reflek indirect bagaimana periksanya?sebaiknya ada batasan agar mata satunya tdk terkena efek cahaya, periksanya agak loncat2....sebelum plasido kornea diperiksa inspeksi umum dl, px lensa, kurang cermat ya, shadow test gmn?
PEMERIKSAAN VISUS Informed Concern baik. Pemeriksaan persepsi warna belum dilakukan. Belum cuci tangan setelah pemeriksaan
PEMERIKSAAN VITAL SIGN Cek suhu sebaiknya dilakukan di awal sembari cek tensi atau berbarengan dengan cek nadi. Jika di akhir jadi perlu waktu banyak untuk menunggu dan sulit untuk diulang. Jika pun tidak terdengar, masih ada waktu untuk mengulang lagi.
UNIVERSAL PRECAUTION CUCI TANGAN : Oke. PERSIAPAN ALAT : tidak steril karena menggunakan pean panjang harusnya membuka dengan menggunakan korentang dan tidak mempersiapkan handscoen. SCRUBBING : cara mengeringkan tangan dengan handuk masih salah, tidak boleh memakai sisi yang sama untuk kedua lengan dan tidak boleh bolak balik. GOWNING : Memakai sisi yang salah, menyentuh bagian luar gown dengan tangan telanjang, tidak menjauh dari meja steril. GLOVING : karena tidak mempersiapkan diawal, meletakkan handscoen yang masih berbungkus ke ats meja steril, cara pemakaian belum slesai habis waktu. PELEPASAN APD : habis waktu.
Download PDF