Sistem Nilai Ujian OSCE - 23711085

FEEDBACK OSCE SEMESTER 1 TA 2023/2024

01 Februari 2024

23711085

Station Feedback
PEMERIKSAAN GAIT lakukan pemeriksaan dengan lebih tenang
PEMERIKSAAN KEKUATAN, TONUS DAN TROFI OTOT Tidak melakukan prosedurcuci tangan. Risiko pemeriksaan tidak dijelaskan ke pasien, Sebagian besar prosedur pemeriksaan dilakukan dengan tidak lengkap. Perlu latihan, agar tidak grogi saat ujian OSCE. Perlu lebih banyak berlatih komunikasi.
PEMERIKSAAN LAPANG PANDANG, OTOT EKSTRAOKULER, TEK belum menyebutkan untuk mengatur posisi sama tinggi dokter dan pasien. pemeriksaan lapang pandang sambil berdiri? otot ektraokuler belum melakukan dan mengamati pantulan cahaya pada pupil.
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS Informed consent ok // belum mempersiapkan alat, hanya dilihat lihat saja terus di taruh di meja lagi // Belum memastikan apakah ada hidung pasien tersumbat atau tidak // Selesaikan dahulu 1 bau pada kedua hidung, jangan berganti ganti baunya // Mas, cara pemeriksaan sensibilitas sensorik halus tajam itubukan seperti itu ya, halus tajam pak ? dimana pak ? ada bedanya tidak pak ? harusnya gitu mas, jangan hanya ditanya halus tajamnya saja // nanti dibaca lagi ya mas bukunya // Untuk menggembungkan pipi, pemeriksa harus ngapain ? jangan cuman melihat saja, tapi juga dipegang juga pipinya // Pemeriksaan hanya merasakan rasa saja mas ? nanti dibaca lagi ya mas // Jangan gerogi ya mas, yang tenang, insyaAllah jika banyak berlatih akan lebih tenang lagi mas
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS DAN SENSIBILITAS Informed consent:oke. Persiapan alat dan persiapan diri; jangan lupa dek saat persiapan perlu dicek mau melakaukan pemeriksaan apa saja dan mau menggunakan alat apa saja, dan wajib bagi pemeriksa untuk merasakan dulu alatnya terutama yang tajam dans sensoris rabaannya ya, hati hati ya, kamu harus coba dulu bener tajam ngggak jarumnya dan lain sebagainya. Pemeriksaan refleks baik ekstremitas atas maupun bawah harus dicek kedua sisi ya dek. Bukan hanya dicek lengan dan kaki kiri saja ya dek, hati hati ya dek. Pemeriksaan refleks patel kamu mukulnya kurang itu jadi munculnya rendah sekali refleknya. Dilatih lagi ya. Kemudian sesudah selesai pemeriksaan jangan lupa minta pasien untuk kembali d uduk lagi, bukan didiamkan saja di atas bed pemeriksaan yaa. Lebih hati hati lagi dek. Yang lain lain sudah oke.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR periksanya kok berdiri dik??duduk menyilang ya, jangan lupa pakai juga lup binokulernya, jangan disebutkan saja//belum periksa gerakn palpebra ya//konjungtiva palpebra superior harus dibalik ya, yg konjungtiva palpebra inferior juga malah lupa//px iris, COA, kornea kok hanya mata kiri aja dik?//pemeriksaan pupil indirek masih perlu dibaca dan lihat video lagi ya dik//px pupil diameternya, simetris tdk belum diperiksa, pemeriksaan akomodasi juga masih salah ya//pemeriksaan keratoskop placido juga masih kurang tepat dan hanya 1 mata//Hampir semua pemeriksaan tidak sistematis ya dik dan masih perlu belajar dan melihat kembali cara pemeriksaan yang benar ya dik//// usahakan detail dan urut dari luar , baik mata kanan maupun kiri,,, jangan terburu2 juga ya,masih banyak sisa waktu,, perbaiki juga cara menjeaskan/komunikasinya dik...semangat berlatih lagi ya!!
PEMERIKSAAN VISUS belum menyiapkan alat&ruangan; lakukan pemeriksaan dari mata yang sehat; baca lagi prosedur pemeriksaan hitung jari; belum melakukan pemeriksaan cahaya dan proyeksi sinar; anda terbalik menginterpretasikan hasil (hasil mata kanan anda laporkan sebagai hasil mata kiri dan sebaliknya); banyak belajar lagi; apakah betul diperlukan pemeriksaan pinhole (?); lebih tenang lagi dalam ujian
PEMERIKSAAN VITAL SIGN sebaiknya setelah selesai pemeriksaan tekanan darah segera dilepas manset di lengan atas pasien, saat memeriksa nadi manset masih terpasang di lengan atas, pastikan aliran darah berjalan baik karena manset masih terpasang. pelaporan nadi dan napas belum lengkap. sebaiknya termometer segera diambil setelah termometer berbunyi
UNIVERSAL PRECAUTION Cuci tangan : Perhatikan kembali urutan langkah cuci tangan Jangan lupa langkah ke 4 WHO (telapak tangan dan sela jari). Tidak mengelap tangan setelah cuci tangan. Persiapan alat :Berhati-hati dengan penggunaan korentang. Korentang dipergunakan untuk mengambil handcoen dari bungkusnya, bukan untuk mengambil yang masih terbungkus. Handuk steril mengapa dikeluarkan dari area steril ? Handuknya jadi tidak steril. Scrubbing : urutan sudah sesuai, namun lakukan scrubbing dengan sungguh sungguh, jangan hanya seperti diusap. Setelah scrubbing, mahsiswa mengelap dengan handuk yang sudah tidak steril. Tangan yang sudah steril mengapa memegang korentang lagi. Jika ingin membuka dengan menggunakan korentang, proses membukanya dilakukan di awal sebelum handscrub (saat persiapan alat). Pelepasan apd: mahasiswa tidak melakukan dekontaminasi sarung tangan 5 menit.
Download PDF