Sistem Nilai Ujian OSCE - 19711107

FEEDBACK OSCE PREDIK PERIODE AGUSTUS 2023 TA 2022/2023

18 September 2023

19711107

Station Feedback
STASION MUSKULOSKELETAL sebelum anestesi,jangan lupa disampaikan dulu ke pasien kalo mau disuntik, biar pasiennya gak kaget..cara bikin simpul luka, jangan ditengah luka gitu yaa dek, tapi di sisi samping luka, lain-lain udah cukup oke :)
STATION ENDOKRIN Ax: mohon untuk tidak menggunakan bahasa medis, belum menggali RPS dengan detail, baru menanyakan dan mengarah ke satu penyakit (tiroid), belum menggali kemungkinan lain dari penyakit yang mungkin terjadi. kebiasaan sudah di tanya padahal sudah ada beberpa faktor resiko yang di dapatkan namun belum digali--> menyebabkan miss informasi.sudah mengali RPK namun superfisial. Ibu DM--> ada curiga dm di pasien ngak dek? Px fisik: belum melepas sendal saat ukur TB, belajar lagi pakai tensi manual ya dek, Belum px keadaan umum dan kesadaran. belum memeriksa bagian leher (padahal di anamnesis dicurigai ke arah tioid), px abdomen I dulu baru A ya (jangan di balik ya dek), untuk ekstremitas. Waktu habis setelah pemeriksaaan fisik.
STATION HEMATOINFEKS Anamnesis cukup. Px antropometri jangan lupa ya, penting untuk penilaian status gizi & dosis obat. Ceftriaxon termasuk golongan apa? ada indikasinya kah pada pasien ini? dosis?
STATION INTEGUMENTUM 1 anamnesis belum menanyakan kebiasaan/ higinitas, pengecatan gram apakah menggunakan scalpel?atau cukup kapas lidi dik? Dx betul. Tx betul,kurang lengkap, pasien menyampaikan gatal sebagiknya ditambahkan apa?
STATION PSIKIATRI anamnesis perlu berlatih lagi bagaimana membina hubungan dengan pasien agar dapat diperiksa status psikiatrinya dengan lebih baik dan didapatkan hasilnya dengan valid. pemerksaan psikiatri: mood kenapa tidak bisa dinilai? halusinasi seharusnya sudah dapat dinilai, pasien berbicara sendiri, bilang jika disana banyak orang yang mengejar. diagnosis awalnya sudah benar, namun dirubah menjadi depresi berat dengan psikotik sehingga malah salah, karena pasien samasekali tidak ada gangguan pada domain mood. karena tidak ada domain gangguan mood, sehingga pasien tidak perlu diberikan antidepresan.
STATION REPRODUKSI pasien belum diminta BAK....perhatikan pemilihan spekulum, sesuaikan dengan kondisi pasien....siapkan alat lebih baik ya, jadi ga simulasi semua saat penetasan
STATION RESPIRASI calon DM yth, gejala penyerta pd sal nafas utk menyingkirkan dd seperti sesak nafas, pilek, karakteristik demam dll blm digali dengan baik. FR terkait blm tergali, px fisik= TV ok, antropometri tdk dilakukan, stts generalis; leher, abdomen ekstremitas tdk diperiksa, inspeksi palpasi thoraks ok, perkusi dan auskultasi ok, penunjang= minta yg spesifik ya, jangan hanya darah dan ronsen, interpretasinya jangan hanya sebut meningkat atau menurun. interpretasi ro paru oke, vertebra blm dinilai, dx ok, dd common cold kurang sesuai, resep; doksisiklin tdk sesuai dg masalah pasien, cari DOC pada kasus ini yg tdk merupakan gol penisilin atau sefalosporin, parasetamol dan ambroksol oke edukasi cuup baik,
STATION SISTEM GASTROINTESTINAL merencanakan pemeriksaan thorax dan abdomen tidak lengkap, abdomen hanya inspeksi (tidak IAPP); salah memilih infus set
STATION SISTEM KARDIOVASKULER Palpasi iktus cordis bisa bergeser tidak harus selalu di SIC V lmcs ya. Belum memperhatikan bunyi paru dan belum mmeriksa edema kaki. Belum menyampaikan gambaran edema paru pada Rontgen. Diagnosis kurang edema paru. Apakah perlu diberikan neuroprotektan?
STATION SISTIM INDERA anamnesis baik dan lengkap, pemeriksaan fisik oke, diagnosis sudah benar tapi kurang lengkap ya, mata di sebelah mana jg harus menjadi bagian dari diagnosis, terapi oke, edukasi baik.
STATION SISTIM SARAF px neurologis belum lengkap, edukasi terkait penggunaan korset dan alas tidur keras ya
STATION UROGENITAL rt nggak pakai HS, lupa menyebut nama m sfincter ani.
Download PDF