Sistem Nilai Ujian OSCE - 19711098

FEEDBACK OSCE PREDIK PERIODE AGUSTUS 2023 TA 2022/2023

18 September 2023

19711098

Station Feedback
STASION MUSKULOSKELETAL cara mengontrol luka apakah seperti itu dek? bayangin kalo itu pasien infeksius dan clarissa lakukan kontrol luka dengan tangan kosong tanpa sarung tangan, atau sebaliknya, kalo ternyata tangan clarissa kotor dan tidak steril langsung megang luka pasien, apakah ini tidak akan menyebabkan transfer kuman ke luka pasien? jangan lupa kalo mau nyuntik anestesi ke pasien, di sampaikan dulu ke pasien, biar pasiennya gak kaget. komunikasinya diperbaiki lagi, untuk teknik hecting sudah cukup baik tapi perlu diperhatikan lebih detail lagi tentang teknik aseptiknya ya dek. lukanya kotor, sebaiknya sebelum ditutup preventif dikasih antibiotik topikal dulu yaa.. biar mencegah risiko infeksinya.
STATION ENDOKRIN Ax Kebiasaan makan yang aneh?? mengarah kemana? Kurang menggali kebiasaan dan sosial. Px VS tdk selesai dilakukan. Px fisik kurang, tidak cuci tangan WHO. Px turgor kulit di tangan? Tx kurang lengkap.
STATION HEMATOINFEKS Anamnesis cukup. Cuci tangan sebelum dan setelah pemeriksaan fisik. Urutan px lab sesuaikan prioritas, biasakan darah rutin/ darah lengkap dulu. overall baik.
STATION INTEGUMENTUM 1 bedakan gambaran staphylococcus dg streptococcus, untuk StReptococcus bentuknya spt Rantai. bukan bergerombol spt ini.Dx betul. Tx topikal betul. krn pasien gatal sebaiknya berikan jg tx simptomatis
STATION PSIKIATRI Gunakan nama pasien seagai sapaan. jangan "masnya". pemeriksaan psikiatri: anamnesis yang digunakan untuk menggali status psikiatri bisa dibuat lebih tajam lagi ya, sehingga pemeriksaan didapatkan hasil valid. diagnosis skizoafektif paranoid episode depresi (diagnosis seperti ini tidak ada di ICD, DSM, maupun PPDGJ ya. pada pasien ini tidak ada gangguan pada domain mood, sehingga tidak diperlukan terapi antidepresan.
STATION REPRODUKSI tdk meminta ibu kosongkan kandung kencing dan posisi//bersihkan bagian dalam vagina kok pke piset? klem panjang ya dik,,,ga nyampe dong//tadi pas perispan alat tranport kulturnya dibuka ya jd gasimulasi//netesin2innya kok simulasi semua, kn tangan 1 di ON kan 1 kn?
STATION RESPIRASI calon DM yth,ax cukup lengkap, FR pemakaian masker blm tergali, px fisik= belum palpasi thoraks, penunjang= ronsen dan sputum, interpretasi thoraks kurang penilaian vertebra, interpretasi jantung tdk tepat, utk gram = disebut saja bakteri gam positif tersusun....bentuk bakteri......jangan sebut nama spesies karena tdk dikultur, dx menjadi dd, ppok terlalu jauh, resep mtronidazole tdk tepat, simtomastis sdh tepat tetapi signatira parasetamol lebih baik dilengkapi jika perlu (demam)
STATION SISTEM GASTROINTESTINAL merencanakan pemeriksaan thorax dan abdomen tidak lengkap, abdomen hanya inspeksi langsung palpasi (tidak IAPP); seharusnya saat menyambungkan infus set dengan flabot klep pengatur tetesan dikunci dahulu, area insersi jarum jangan disentuh saat insersi (harus disinfeksi lagi), fiksasi tidak kuat dan rapi.
STATION SISTEM KARDIOVASKULER Anamnesis cukup mengarah//px konjungtiva msh salah caranya, belum memeriksa edema pretibial, memeriksa tanda vital di akhir.
STATION SISTIM INDERA anamnesis baik, px fisik sistematis, diagnosis lengkap, terapi benar, edukasi oke,
STATION SISTIM SARAF DD belum benar, edukasi belum lengkap
STATION UROGENITAL untuk RT btidak harus HS steril, perhatikan saat membuka HS di meja steril harus hati hati, untuk px RT juga perlu IC ya. polus atas juga perlu dicari ya. baskom klorin itu bukan tempat bungkus HS ya, saat HS sudah dipakai, yang dipegang adalah bungkus bagian dalam, bukan bagian luar, desinfeksi ujung penis atau area ostium uretra tidak dilakukan, penis diposisikan 90 derajat , pada laki laki, kateter harus masuk sampai pangkal, kassa di ostium uretra itu harusnya pakai antiseptik, bukan kasa kering. duknya nggak bisa dilepas ya dik. plester harusnya dipotong dulu agar mudah pemasangannya.
Download PDF