Sistem Nilai Ujian OSCE - 21711078

FEEDBACK REMED OSCE Ketrampilan Medik Sem 4 TA 2022/2023

21 Agustus 2023

21711078

Station Feedback
Sistem Darah & Infeksi 1 ON 1x tetap perhatikan sterilitas yaa, Persiapan alat masih kurang perlaknya, Selebinya OK
Sistem Darah & Infeksi 2 Ax: perbaiki komunikasi dokter dengan pasien, lengkapi lagi anamnesisnya . px: sblm melakukan px fisik jangan lupa IC , jangan lupa cuci tangan sebelum melakukan pemeriksaan dan nanti sesudah pemeriksaan, belajar lagi cara melakukan cek TD yg baik dan benar , px fisik head to toe cb cek dengan seksama sesuai kmgkn dx yg mungkin,kalau mau cek konjungtiva anemis/tidak gimana caranya? yg benar bagaimana ? apa iya dengan senter? belajar lagi ya. lalu lakukan pemeriksaan fisik yg sesuai, tetapi lakukan dengan benar, px thorax yg beanr gmn, px abdomen gmn, eksplorasi juga px fisik untuk cek perdarahan/tidak semisal memang ada indikasinya .
Sistem Indera 1 Ax: terkait RPS belum lengkap, riwayat pengobatan juga belum tergali. memperingan memperberat, RPD dan RPK yang ditanya nggk hanya penyakit ini ya tapi penyakit lain yang berhubungan ya, Px fisik: posisi pemeriksaan dokter pasien kurang tepat dan pemeriksaanya kurang runtut, belum periksa silia dan palpebra, cara pemeriksaan reflek pupil direk salah, belum mengecek COA dan lensa. kenapa meriksanya harus dibawa kesana kemari kursinya, kenapa nggk sekalian diperiksa kanan dan kiri, dan perlu dipelajari interpretasi dari masing2 pemeriksaan ya nggk hanya menanyakan apakah ada kelainan. Dx salah dd kurang lengkap, komunikasi : oke, profesional : lebih teliti dan dipelajari lagi ya pemeriksaanya sesuai legaartis
Sistem Indera 2 Anamnesis: penggalian RPS dan perjalanan penyakit belum tajam sehingga belum mengarah ke diagnosis pasien, penyakit terdahulu yang relevan tidak tergali; Pemeriksaan fisik telinga belum sistematis, lakukan dari telinga yang tidak ada keluhan terlebih dahulu ya, selesaikan di satu telinga baru ke telinga lainnya. Gunakan headlamp dari awal pemeriksaan telinga. Cara pemeriksaan rhine dan swabach masih belum tepat; Diagnosis kerja serumen prop tidak tepat, diagnosis banding otitis media efusi tepat; Tatalaksana tidak tepat.
Sistem Kardio Respi 2 Primary survey oke, cek respon oke, panggil bantuan oke, cek circulating baru breathing kalau bisa simultan ya. kompresi oke, recoilnya distabilkan, hitungannya ilang2an di siklus terakhir, airway belum di cek, langsung di cek ya sebelum ngasi napas bantuan disebutkan juga head tilt chin lift, pemberian napas bantuan oke sebaiknya sambil liat pengembangan paru, cek setelah 5 siklus oke, ngasi bantuan napas harus sesuai sama yg diucapin ya, recovery position oke.
Sistem Kardio Respi 3 belum cek RR. VS lain sudah. baru cek inspeksi torax lalu belum cek P-P-A thorax anterior maupun posterior. langsung ke batas jantung. belum cek iktus kordis, belum cek bising, belum ada auskultasi. pemeriksaan itu memang dilakukan, tidak hanya simulasi. dek eka silahkan belajar utk melakukan pemeriksaan secara sistematis dik. agar tidak banyak terlewat, dihafal step2nya. belum cek antropometri. pada pasien ini penting utk melihat FR obesitas. semoga dimudahkan selanjutnya dik. derajat hipertensi dipelajari lagi kalau>180 namanya apa? dx dd kurang tepat.
Download PDF