Sistem Nilai Ujian OSCE - 22711151

FEEDBACK OSCE Ketrampilan Medik Semester 2 TA 2022/2023

18 Juli 2023

22711151

Station Feedback
Station Pemasangan dan Perekaman EKG diingat-ingat lagi cara/tahap pemasangan lead prekordia pada ekg, dan cara pemasangan lead ekstremitas, jgn lupa hubungkan ekg ke stop kontak
Station Pemasangan kateter urin + genitalia ekster perhatikan prinsip sterilitas,posisi pasien belum sesuai, tindakan belum sesuai prioritas, edukasi kurang lengkap
Station Pemeriksaan antropometri informed consent baik, tidak cuci tangan sebelum pemeriksaan, LLA dilakukan di lengan yang tidak dominan (kamu lakukan di lengan kanan), lingkar betis juga dilakukan di kanan. pemeriksaan TLK bisep dan trisep langkah2nya tidak lengkap (waktu habis) belum cuci tangan setelah pemeriksaan
Station Pemeriksaan fisik abdomen persiapan pasien kurang lengkap ( minta pasien duduk dahulu untuk dilakukan inspeksi costovertebra, setelahnya baru minta pasien berbaring dengan kaki ditekuk), inspeksi kurang lengkap ( lakukan inspeksi costovertebra sambil duduk dan inspeksi regio vesica urinaria untuk menlihat apakah ada bulging)
Station Pemeriksaan fisik payudara tidak meminta pasien jika ada keluarga yg mau meneman, tidak menggunakan sarung tangan,inspeksi dilakukan hanya 1 posisi dengan pelaporan hasil yg tidak lengkap (hanya menyebutkan benjolan dan cairan dr puting saja),palpasi yg dilakukan tidak tepat (pakai berapa jari?2 tangan atau 1 tangan?bagaimana cara palpasinya?)
Station Pemeriksaan fisik thorax Informed consent OK, Cuci tangan OK Belum persiapan alat dan stetoskop belum di cek di awal sebelum pemeriksaan, Posterior : OK, Anterior : ada beberapa yang terlewat, saran saya jangan menghafal ya mbak namun memahami, overall oke mbak, next banyak berlatih ya mbak :), Interpretasi : Nafas tidak tersendak sendak alangkah baiknya diganti dengan bahasa tidak ada sesak nafas :)
Station Pemeriksaan Gram/Zn pelajari peulisan identitas yg benar, mosok ose dicelupakan dan didiamkan didalam spesimen sambil kamu membuat pola 1,5 cm, terus kalo spesimen padat mestinya harus pake nacl inni tidak dilakukan, dibilas dg aquades itu sampai bersih ya, dan jangan aquades langsung disemprotkan pas di spesimen, dan membilas dg aquades itu dalam posisi kaca objek dimiringkan jangan mendatar, lupa matikan bunsen, interpretasi +/- salah, setelah pencucian terakhir didiamkan 30 detik buat apa??
Station Pemeriksaan gynekologi Persiapan alat: hati hati megang korentang ya dek. Ujung korentang steril, jadi jangan sampai menyentuh yang tidak steril, itu tadi kena jasmu, kena bungkus luar handscoon, lebih ahti hati ya. Inspeksi eksterna: baru rambut pubis, vulva, klitoris, dan labia maoyr minor, kurang lengkap ya dek. Hati hati sebelum pemasangan duk, didesinfeksi dulu ya dek, jangan lupa, suoaya duknya tetap steril. Memasang spekulum: seharusnya tangan kiri menyibakkan labia mayor dan minor ya dek, masuk dengan hati hati, diperhatikan lagi dek caranya. Cara mengeluarkannya juga harus hati hati dek, longgarkan sekrup dulu sampai maksimal, keluarkan sepertiga baru keluarkan sepenuhnya setelah diputar 90 derajat. Hati hati ya. Bimanual: tangan kiri menyibakkan labia mayor dan minor ya dek, jangan lupa. Hati hati ya.
Station Pemeriksaan leher (kelenjar getah bening d oke, sudah baik dalam melakukan pemeriksaan leher,,,
Download PDF