Sistem Nilai Ujian OSCE - 22711117

FEEDBACK OSCE Ketrampilan Medik Semester 2 TA 2022/2023

18 Juli 2023

22711117

Station Feedback
Station Pemasangan dan Perekaman EKG jangan lupa cuci tangan who, setelah melepas pasien difasilitsi untuk membersihkan gel nya ya
Station Pemasangan kateter urin + genitalia ekster pasiennya ga disiapkan atau diinstruksikan untuk melakukan apa gitu?.....belum cuci tangan steril sudah pegan HS steril?.....manekin tidak perlu diputar ya Dek, belajar sesuai dengan posisi pasien sesungguhnya....pasang duk yang baik agar memudahkan pelepasan.....pasang dulu dan kunci urine bag baru insersi kateter......fiksasi spt itu menyakiti pasien karena terlalu ketat dan terbuka....edukasi apa yang perlu disampaikan?
Station Pemeriksaan antropometri inform consent: belum menjelaskan prosedur dan efek yang ditimbulkan//mempersiapkan pasien: belum meminta pasien melepaskan pakaian, mengosongkan kantong dan lepas alas kaki diawal//persiapan alat: belum cuci tangan sebelum pemeriksaan, belum mengecek apakah alat berfungsi atau tidak//px antropometri: px lingkar pinggang dan lila belum diukur titik tengahnya , hasil pemeriksaan TLK bicep tricep 0-2?/profesional: harus lebih hati-hati ya, ini pasienya sampai teriak kesakitan saat pemeriksaan TLK dan diulang 3x//komunikasi: ketika inform concent usahakan eyekontak ya dek dengan pasien agar tidak terkesan menghafal dan juga memperhatikan pasien
Station Pemeriksaan fisik abdomen Informed consent baik; Persiapan pasien kurang lengkap, pasien belum diminta berkemuh; Persiapan pemeriksaan juga kurang lengkap; Inspeksi kurang lengkap, belum melakukan inspeksi daerah kostovertebra; Auskultasi sudah lengkap; Langkah perkusi belum berurutan, ada yang terlewat, teknik perkusi hepar kiri belum tepat; Palpasi hepar dan lien tekniknya belum tepat, baca buku panduan; Pemeriksaan bimanual tekniknya juga belum tepat; Lokasi ketuk ginjal harus tau dimana, jangan terlalu keras saat memukul; Komunikasi dilatih lagi ya.
Station Pemeriksaan fisik payudara Laporan hasil inspeksi dan palpasi kurang lengkap
Station Pemeriksaan fisik thorax IC sudah lengkap 4 informed 1 consent tp bisa dilancarkan lagi; stetoskop diperiksa dulu kedua sisi apakah bisa dipakai; thorax posterior: jangan langsung perkusi tp inspeksi dulu (IPPA), auskultasi minta utk tarik napas dan hembuskan napas, jangan terlalu cepat, palpasi lakukan setelah inspeksi bukan setelah auskultasi, inspeksi lakukan di awal, bukan di akhir (IPPA urutannya); thorax ant: inspeksi sudah di awal, tp target yg dicari bisa lebih lengkap lagi, perkusi bandingkan kanan kiri pada tiap titik baru turun 1 per 1 sesuai sisi terakhir, jangan kanan semua diselesaikan baru kiri, palpasi belum dilakukan (urutannya jangan lupa: IPPA); jantung: inspeksi belum dilakukan dan langsung palpasi, perkusi dan auskultasi jantung belum dilakukan (selalu ingat: IPPA!), cuci tangan sebelum dan setelah tindakan sudah dilakukan sesuai WHO; sebelum tindakan jangan lupa memberi isyarat ke pasien
Station Pemeriksaan Gram/Zn Mahasiswa tidak menjeleaskan tujuan pengecatan Zn. Tidak melakukan persiapan alat. Mahasiswa tidak membersihkan kaca objek dari kotoran dan lemak. Tidak menuliskan identitas. Tidak mengucapkan basmalah dan hamdallah pada awal dan setelah tindakan. Tidak membersihkan alat dan bahan setelah melakukan pengecatan. Kurang berhati-hati dalam melaksanakan tindakan. Bunsen seharusnya tidak diletakan didalam bak pengecatan.
Station Pemeriksaan gynekologi IC menggunakan bahasa awam ya, genitalia bisa diganti bagian kelamin. pasien diminta BAK dl ya, baju bag bawah dilepas dan diminta berbaring seperti mau melahirkan. saat lepas selimut bilang permisi ya, gel dibuka dl ya, cara pake HS steril sdh ok, GEL jangan dipindah ke daerah steril ya, cara desinfeksi sekali usap dr daerah bersih ke kotor, jangan bolak/balik (diusek-usek). genitalia externa tdk dilaporkan (ada 7 hal yg harus dilaporkan = mons pubes dan rambut, vulva, laboa mayora dan minora, introitus vagina, komisura posterior, klitoris dan perineum), jari tangan kiri tdk menyibak labia, beri inyarat saat spekulum masuk, dan minta pasien rileks/tarik nafas saat alat masuk. spekulum difiksasi saat dikeluarkan ya. pakai HS sterilnya beneran ya bukan simulasi. setelah pk HS steril jangan pegang tutup gel, saat jari kanan masuk jari tangan kiri sibak labia, beri isyarat="jari saya masuk ya bu, tarik nafas dalam, px bimanualnya berdiri spy penilaian organ interna lbh baik. laporkan detil ya baik insoekulo maupun organ interna, apa saja yg dinilai?
Station Pemeriksaan leher (kelenjar getah bening d informed consent dan persiapan alat: cara pemeriksaan bagaimana? bisa mengetes alat dulu; Cuci tangan: diakhir belum ; inspeksi leher: inspeksi keseluruhan leher sebaiknya memutari pasien (tidak hanya berdiri di satu sisi), inspeksi trakea bagaimana?(lihat dari depan sebelum menggunakan senter) ; Palpasi tiroid: minta pasien relaks dan leher ekstensi dulu; auskultasi: belum dilakukan; Palpasi limfonodi: minta pasien relaks, palpasi kurang dalam pada rantai servikal dalam, bandingkan hasil pemeriksaan limfonodi antara kondisi sebelah kanan dan kiri, sebaiknya menyebutkan nama dari tiap kelenjar yang diperiksa.
Download PDF