Sistem Nilai Ujian OSCE - 22711005

FEEDBACK OSCE Ketrampilan Medik Semester 2 TA 2022/2023

18 Juli 2023

22711005

Station Feedback
Station Pemasangan dan Perekaman EKG Pasien belum diminta diam selama pemeriksaan. Belum cuci tangan sebelum memeriksa pasien. Belum melepas dan merapikan lat karena waktu habs dan belum mengucapkan Basmalah.
Station Pemasangan kateter urin + genitalia ekster Mhsiswa melakukan palpasi area pubic setelah menggunakan sarung tangan steril, tidak selesai melakukan pemasangan kateter.
Station Pemeriksaan antropometri Informed consent sudah cukup baik; Persiapan pasien masih belum lengkap, jangan lupa minta pasien mngosongkan kantong dan melepas aksesoris; Persiapan pemeriksaan sudah cukup baik, namun sempat kebingungan; Teknik pemeriksaan secara umum sudah cukup baik, namun istilah-istilah anatominya jangan lupa ya, dan pada saat pemeriksaan lingkar pinggang belum meminta pasien bernapas 2-3x.
Station Pemeriksaan fisik abdomen Informed consent: pakai bahasa umum (palpasi?perkusi?), efek dari pemeriksaan blm dijelaskan; persiapan pasien: minta untuk BAK dulu, minta pasien untuk rileks dan posisi awal duduk; persiapan pemeriksaan: blm cuci tangan diakhir; Inspeksi: inspeksi kostovertebralis seharusnya posisi duduk, lihat juga regio suprapubik,; Auskultasi: membran stetoskop jangan lupa di hangatkan; perkusi: ok; palpasi: aorta?nyeri lepas tekan?; bimanual ginjal: ok; ketok ginjal: ok
Station Pemeriksaan fisik payudara ok
Station Pemeriksaan fisik thorax tidak ngecek stetoskop, palpasi dg stem fremitus (bukan frenikus ya dek) blm tepat harusnya sejajar dengan sela iga, palpasi katup tempatnya salah, seharusnya selesai satu2..pasiennya diminta bolak2 balik bangun, perkusi hrsnya zigzag bukan atas bawah yes, batas pengembangan paru ok, perkusi bukan utk tau nyeri atau tidak tp perbedaan suara organ di bawahnya. batas pulmo dan hati itu dg perkusi bukan palpasi, suara perkusi hepar bukan timpani tp pekak, batas2 jantungnya msh lupa2 dan msh ada yg keliru, hrsnya utk batas kiri jantung diperkusi sampai batas timpani baru naik 2 jari. auskultasi paru harusnya nafas biasa dulu utk tau suara dasar nafas, auskultasi zigzag bukan dr atas ke bawah, auskultasi jantung pake membran semua, saat auskultasi sambil ngecek nadi yes. Pegang stetoskop dari ujungnya jangan atasnya..
Station Pemeriksaan Gram/Zn menjelaskan tujuan tapi kurang lengkap,persiapan alat dan bahan belum lengkap,tidak menuliskan identitas pada kaca objek,pengambilan sampel tidak menggunakan lidi pipih,tidak mengeringkan spesimen sebelum difiksasi,pemanasan denganZnA terlalu lama (jangan sampai mendidih y),tidak merapikan alat dan bahan setelah melakukan tindakan,tidak mencuci tangan setelah tindakan
Station Pemeriksaan gynekologi kalau IC itu jangan pakai bahasa medis ya mas/ jangan terburu-buru, tarik nafas panjang, biar ucaannya tidak bebolak balik/ persiapan pasien kurang posisi dan berbaring/ persiapan alat dan bahan kurang, lampu, kasa, gel/ pakai HS tidak aseptik dan kedodoran/ dan HS belum terpasang dengan benar/ inspeksi hanya 3 dan tidak jelas, labia kok rupur/ prinsip sterilitas berkali-kali on/ desinfeksi sangat minimalis, sebaiknya pakai kasa yang banyak jangan hanya satu/ glandula bartolini mengembang?/ tangan kiri jangan lupa menybakkan labia ya/ lesi di vagina itu bisa lebih diperjelas./ duk lepas dl baru bimanualvagina lengket, tidak terjadi kekerasan... belajar lagi ya apa saja yg harus dilaporkan/ forniks kenyal dan kerapatan dengan servik?
Station Pemeriksaan leher (kelenjar getah bening d berlatih lagi ya utk pemeriksaan leher terutama palpasi, msh ada cara dan lokasi yang kurang tepat
Download PDF