Sistem Nilai Ujian OSCE - 20711187

FEEDBACK REMEDIASI OSCE SEMESTER 5 TA 2022/2023

26 Januari 2023

20711187

Station Feedback
ANC masih tampak bingung mengajukan pertanyaan; "ibu ada sakit gak?" ini pertanyaan yang membingungkan; kurang menggali keluhan, riwayat menstruasi yang detail (lama/banyak menstruasi, dll); riwayat kehamilan/kontrol sama sekali belum digali; kebiasaan juga belum digali (BAB, istirahat); banyak jeda panjang diantara pertanyaan; selesai anamnesis seharusnya edukasi pasien bahwa akan dilakukan PF; pelajari lagi teknik pemeriksaan leopold; kenapa harus menyinggung mengenai 'mengeluarkan bayi', 'disiapkan paru bayi', lalu menyalahkan stres (?); banyak belajar dan berlatih lagi; lebih fokus saat ujian
IMUNISASI Belum mampu menyebutkan apa saja imunisasi yang seharusnya diberikan pada kunjungan ini. Baru menyebutkan pentabio dan polio saja. Belum lengkap ya, dipelajari lagi cara membaca jadwal imunisasi. Pas akhir bisa menyebutkan lengkap, tapi penjelasan ke orangtua jadi kurang lengkap baru dua vaksin saja penjelasannya. Persiapan alat dan bahan: sebelum menggunakan vaksin, jangan lupa cek kelayakan vaksinnya dulu, apakah vaksin masih baik atau tidak. Kemudian lakukan desinfeksi dulu pada tutup vial sebelum aspirasi. Lakukan betul ya dek, jangan hanya bungkus luar swab diusap gitu aja, tapi lakukan semua prosedur dengan benar dan sungguhan ya bukan hanya simulasi. Kemudian kenapa pakai spuitnya yang 1 cc? Kemudian mengganti jarum baru seharusnya diganti dengan jarum ukuran berapa? kok hanya menyampaikan diganti ukuran yang sama? Lebih hati hait ya. Saat akan injeksi, minta tolong orangtua untuk bantu fiksasi pasien, lebih empati lagi dan profesional saat akan injeksi, tidak mungkin bayi diam saja ketika akan diinjeksi. Edukasi: kurang lengkap ya, baru menyampaikan rencana bulan depan, sudha oke rencananya apa saja, kemudian menyampaikan jika demam harus seperti apa, dan kurang satu edukasi lagi terkait dengan paska imunisasi.
IPM GYNAECOLOGY Persiapan pasien dan pemeriksa ok//Persiapan alat: ok//Px Gyn: tidak inspeksi bagian luar//Swab: sediaan gram fiksasi pakai alkohol??//Dx sesuai//Th. sesuai
IPM PEDIATRI 1 Ax: gejala penyerta belum lengkap, riw khusus utk anak belum//PF: antropometri dan kesadaran belum//Dx. benar belum lengkap//Th. pengalinya sudah benar, namun tpm-nya tidak tepat//Edukasi: monitonya dehidrasi bgmn?
IPM PEDIATRIC 2 dokter andjani sebelum melakukan pemeriksaan sebaiknya ada komunikasi dan ijin dengan ibu pasien yaa dok. KU, Kesadaran, Vital sign harusnya tetap dilakukan dengan baik dan sistematis yaa dok, dan dilakukan di depan sebelum pemeriksaan fisik. untuk pemeriksaan status generalis dilakukan juga yaa dok dan lakukan head to toe secara sistematis, tadi hanya di cek sebagian dan loncat-loncat, telinga juga yang di cek cuma kanan aja, yang kiri nggak ditanyakan. yuuuk dok dibuka lagi bukunya, pahami kasus dengan baik sering-sering latihan kasus dan pahami cara pemeriksaan dan tatalaksana yang baik, dokter mengatakan "pasien tidak ada resiko komplikasi karena akan ditangani dengan tepat, jadi prognosisnya baik, yakiin kaah dok?? " sebaiknya sampaikan kondisi yang sebenarnya dengan cara yang santun insyaAllah itu akan jauuh lebih baik daripada kita mengatakan prognosis baik tapi sebenarnya ada resiko komplikasi, kemudian dokter andjani juga banyak blank.nya yaa dok... semangaaat belajar lagi yaa dok... semoga Allah mudahkan yaa dok :)
PPN Dx : oke. Kala 2 : Kassa jangan lupa disiapkan ya mba, kan jadinya tidak melakukan toilet vulva tuuh.. Hati2 saat akan memasangkan alas bokong, tangan kita kan sudah steril tuh, naah supaya tangan kita aman ga kena bagian tubuh pasiennya (paha, bokong dan sekitarnya) selipkan tangan kita di dalam duk steril yg sudah dibentuk segitiga tadi yes non. cek lilitan plasenta jangan lupa, begitu kepala keluar jg jgn lupa dilap dulu lendir di muka bayinya pake kain segitiganya. Sebelum masuk kala 3 cek dulu ada kemungkinan bayi kedua apa nggak. Kala 3 : Jangan lupa cek kontraksi uterusnya yaaa dan lihat ada tanda2 perdarahan atau tidak juga setelah mengeluarkan plasentanya. Catatan : tetap fokus yaa non, tampak ada keragu2an jadi nggak mantep melakukan tindakannya.
SIRKUMSISI waktu kurang, teknik dilatih lagi
STATION KONTRASEPSI (PEMASANGAN AKDR) saat membuka HS: apa gunanya korentang jika tangan kiri masih memegang bagian dalam sarung HS? ingat seminimal mungkin memegang pembungus HS sata akan memakai. saat memasang IUD perhatikan sekitar jangan sampai mengganggu sterilitas, mamasang duk steril jangan menyentuh selimut. sondase itu di bawah bimbingan tenaculum.. mamasang IUD harus sampai ujung dindingdalam uterus. melepas spekulum tarik dulu sampai setengah baru kemudian diputar.
Download PDF