Sistem Nilai Ujian OSCE - 22711221

FEEDBACK REMEDIASI OSCE SEMESTER 1 TA 2022/2023

25 Januari 2023

22711221

Station Feedback
PEMERIKSAAN GALS IC: cukup lengkap//Cuci tangan:ok//Gaya Berjalan:ok//Px Arm:look ok feel ok, motorik:ok, sensorik: ok, vaskular:ok, move: ok//Cara pemeriksaan sudah bisa hanya kadang kesulitan memahami soal
PEMERIKSAAN TROFI, TONUS DAN KEKUATAN OTOT cuci tangan: sempat lupa cuci tangan sebelum px, langkah-langkahnya juga masih salah semua (tidak sesuai standard WHO). gerakan pasif: seharusnya dilakukan dengan kecepatan lambat lalu lama-lama semakin cepat, bukan hanya dengan kecepatan yang konstan. px kekuatan otot: belajar lagi cara memposisikan area yang diperiksa agar hanya otot yang mau diperiksa saja yang berkontraksi, jari yang digunakan untuk periksa kekuatan masing-masing jari salah, sewaktu px otot lengan atas dengan gerakan fleksi --> seharusnya ada tangan yang merasakan kekuatan pada otot yang diperiksa (bukan sekadar adu panco). arm-dropping: tidak dilakukan. profesionalisme: belum runtut dalam melakukan px (berisiko ada px yang terlupakan), pelaporan hasil px kurang lengkap (kekuatan seharusnya disampaikan dengan skor 0 s.d. 5, trofi seharusnya disampaikan apakah ada atrofi/hipertrofi, tonus seharusnya disampaikan kekenyalan dan tahanan ototnya).
PEMERIKSAAN VITAL SIGN cuci tangan diperhatikan lagi cara dan waktunya
STATION PEMERIKSAAN LAPANG PANDANG IC baik// belum mempersiapkan alat/ px lapang pandang sudah baik, tapi alangkah lebih baik jika dilakukan ada sudut yang lain juga ya... misalkan dari atas ke bawah// px TIO itu yang ditekanbola matanya, tadi terbalik dengan otot ekstraokuler// pada pemeriksaan TIO sebaiknya jari tangan selain telunjuk bisa sambil memfiksasi kepala// px otot ekstraokuler sudah baik, hanya laporan yang belum sempurna/ belum cuci tangan juga
STATION PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS pemeriksaan tajam tumpul pada wajah bukan merupakan pemeriksaan N7 ya..itu adalah pemeriksaan sensorik N5.
STATION PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR Diingat yaa persiapan posisi pasien dan pemeriksanya, jangan berdiri lagi yaaa :) Interpretasi iris diperbaiki lagi yaa.
STATION PEMERIKSAAN VISUS persiapan ruangan dengan pencahayaan baik harap disebutkan ya. Pemeriksaan mata kiri belum selesai ya, seharusnya dilanjutkan dengan pemeriksaan proyeksi arah cahaya. Penentuan visus mata kanan belum benar, seharusnya visus pasien 6/30 karena pasien masih mampu membaca semua huruf dibaris ke dua (6/30). Jelaskan arti 1/300 dan 6/30 yaitu pasien bisa melihat lambaian tangan pada jarak 1 meter dimana mata orang normal mampu melihat lambaian tangan pada jarak 300 meter. Pasien mampu melihat kartu snelen pada jarak 6 meter dimana orang normal mampu melihat kartu snelen pada jarak 30 meter. Peningkatan visus setelah pemakaian pinhole artinya terdapat kelainan media refraksi pada mata kanan. Pemeriksaan persepsi warna hanya dilakukan pada visus lebih dari 1/300 yaitu pada mata kiri saja, mata kanan tidak perlu karena visusnya masih 6/30 ya.
Download PDF