Sistem Nilai Ujian OSCE - 22711152

FEEDBACK Osce Keterampilan Medik Blok 1.2 TA 2022/2023

16 November 2022

22711152

Station Feedback
PEMERIKSAAN GALS Informed consent sampaikan dengan baik ya, inspeksi dan palpasi tidak lengkap, sensorik itu cek apa aja dek? dijelaskan ya saat melakukan pemeriksaaan tidak hanya asal menyentuhkan benda, periksa Lila? lakukan pemeriksaan ROm secara simetris ya, pemeriksaan ROM tidak lengkap, px vaskuler tidak dilakukan ketika berbicara tampak ragu, lemas, tak bertenaga, sedang sakit?
PEMERIKSAAN TROFI, TONUS DAN KEKUATAN OTOT Cuci tangan WHO: Kalau sudah selesai 6 langkahnya (atau 7 juga boleh, tergantung kemarin diajari instrukturnya bagaimana, monggo saja), tangan tidak perlu diuwel-uwel (langsung kerja saja). Px kekuatan otot: Belajar lagi memposisikan pasien untuk px ini --> misal: saat px kekuatan fleksi lengan bawah, seharusnya lengan atas difiksasi supaya yang ternilai hanya kekuatan otot yang melakukan gerakan fleksi saja (tadi beberapa sudah difiksasi dengan benar, tapi masih ada yang salah). Px tonus: Tidak melakukan px arm-dropping, cara px gerakan pasif masih perlu diperbaiki --> menggerakkannya itu dari pelan kemudian semakin cepat, bukan sekadar digerak-gerakkan saja. Px trofi: Belajar lagi cara pelaporan hasil px-nya --> misal: kalau pas palpasi ya disebutkan apa yang dirasakan (kenyal kah, lembek kah, atau bagaimana --> jangan hanya bilang "normal", tapi deskripsikan yang Anda dapatkan "normal" itu yang seperti apa); belum melakukan pengukuran diameter otot; tidak meminta pasien membuka baju.
PEMERIKSAAN VITAL SIGN baik
UNIVERSAL PRECAUTION Perhatikan prinsip sterilitas; tidak boleh memegang peralatan steril diatas troly steril dengan tangan tanpa menggunakan handscoone steril (Mas memegang pean panjang diatas troly steril dengan kondisi tangan belum scrubbing dan belum menggunakan handscoone steril), ujung pean panjang yang digunakan menyentuh permukaan kemasan luar handscoone yang tidak steril, topi yang digunakan sifatnya bersih/steril Mas, mengapa mas menyentuh dan menggunakan topi setelah scrubbing?, telapak tangan masih menyentuh permukaan handuk yang telah digunakan saat mengeringkan dengan handuk bersih, Tangan yang sudah scrubbing tidak memegang gagang korentang yang tidak steril ya mas. Berlatih kembali untuk memegang peralatan medis ya Mas. Ujung pean panjang yang digunakan. Bilas dengan bersih ya, masih banyak sabun di tangan, tetap usahakan posisi telapak tangan lebih tinggi daripada siku. Teknik gloving perhatikan prinsip dalam-dalam/luar-luar. Lakukan dekontaminasi handscoone sebelum dilepas ya. Lepas topi setelah cuci tangan, diperhatikan.
Download PDF