Sistem Nilai Ujian OSCE - 20711186

FEEDBACK Osce Keterampilan Medik Blok 2.6 TA 2021/2022

02 Agustus 2022

20711186

Station Feedback
Info BSO tragus itu apa? jangan gunakan bahasa medis ke pasien apalagi untuk instruksi penggunaan obat...jaga kebersihan botol obat belum disampaikan...
KOMUNIKASI Anamnesis sistem masih kurang runtut dan belum lengkap --> diabetes banyak komplikasinya ya, jadi harus digali secara lengkap (tadi baru masalah BAB saja yang sudah ditanyakan dan belum dalam). Kurang menggali riwayat penyakit berat/mondok pada RPD dan RPK. Masih cenderung menggunakan pertanyaan tertutup sehingga agak mengarahkan jawaban pasien --> beberapa kali cenderung mengarahkan perspektif pasien ketika mengkonfirmasi informasi yang disampaikan, cara bertanya kadang agak menghakimi (contoh: "Sebelumnya apakah Bapak sempat makan makanan yang tidak sehat?" --> yang disebut "makanan tidak sehat" itu kan menurut perspektif kita sebagai dokter, sedangkan pasien belum tentu merasa itu tidak sehat). Pasien juga belum diperiksa, jadi hindari langsung memberikan vonis diagnosisnya --> pada titik ini, kita baru bisa menyampaikan KECURIGAAN kita saja.
Pemasangan NGT kurang memperhatikan kebersihan (meletakkan NGT sampai di luar meja hijau, mengukur ngt dengan menempelkan ke badan pasien), pasien tidak diminta menunduk dan menelan, tidak mengecek apakah di orofaring posisi benar masuk sal cerna.
Download PDF