Sistem Nilai Ujian OSCE - 19711021

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2019/2020

15 Januari 2020

19711021

Station Feedback
KOMUNIKASI kan setingnya nunggu kereta api, kok bilang pulang dulu dah ditunggu keluarga? Nanyanya lompat2 ya topiknya
PEMERIKSAAN KEKUATAN OTOT belum meminta pasien utk mengepal dan mengembangkan jari tangan. belum meminta pasien menyebutkan apakah kanan dan kiri rasanya sama. memberi stimulus tajamnya sangat sampai menyakiti pasien ya. di coba dulu ke diri sendiri.
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS tidak menyiapkan alat,pemeriksaan nxi seharusnya dilakukan dari belakang dan sebelumnya dinilai dulu apakah ada kelainan atau tidak pada muskulus trapezius,pemeriksaan n x seharusnya menggunan spatel dan senter (apa sj yg dinilai disitu?),tidak melakukan pemeriksaan motorik n.v,tidak menjelaskan cara pemeriksaan reflek kornea,pemeriksaan tidak sistematis banyak yg terlewat
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS posisi pemukulan refleks bisep dan trisep tidak tepat sehingga refleks tidak muncul//refleks patela dan achiles ok//tidak cuci tangan setelah pemeriksaan//latihan lagi ya dek
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI ANTERIOR, SINUS DAN TENGGOR Informed consent sudah baik, posisi duduk dan headlamp sudah benar, prosedur pemeriksaan secara umum sudah benar.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR memakai lup tetapi belum memakai senter saat periksa palpebra dan silia. belum periksa lebar rima dan gerakan palpebra. belum berhasil membalik kelopak mata atas. pasien harus berkedip2 setelah periksa konjungtiva, artinya tadi menimbulkan ketidaknyamanan. pantulan cahaya placido tidak jatuh tepat di mata. kedalaman bilik mata dilaporkan wajar, wajar itu dangkal atau dalam ya? jarak senter saat periksa lensa terlalu jauh.
PEMERIKSAAN TELINGA persiapan pasien kurang, pemeriksaan tidak runtut dan teliti, tdk inspeksi telinga luar, tidak menggunakan spekulum telinga, tdk buang sampah, px valsava dan toynbee hampir terlupa, gambar kurang tepat
PEMERIKSAAN VISUS Inform consent: tidak menjelaskan risiko pemeriksaan. hasil pemeriksaan visus keduanya sudah baik, hanya saja kenapa tidak di cek dengan pin hole apakah maju atau tidak visusnya??? saya minta andira untuk baca soal lebih teliti karena ada pemeriksaan lapang pandang yang tidak andira lakukan.
TEKNIK ASEPTIK setelah cuci tangan, tidak melap dengan handuk bersih. handscoon nya dimasukkan ke atas duk steril ya... jangan di pinggiran besinya trolly. handscoon dibuang di bengkok.
Download PDF