Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711157

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK DESEMBER 2019 SEMESTER 7 TA 2019/2020

26 Desember 2019

16711157

Station Feedback
IPM 1 (akut abdomen) tidak menanyakan pengobatan sekarang,yg memperberat dan memperingan,tidak melakukan pemeriksaan head to toe,auskultasi yg dilakukan yg orientasi dl y,pmx abdomen tdk sistematis,pemeriksaan obturator kurang tepat (harusnya diendorotasikan kakinya pada sendi panggul bkn hanya ditekan saja,diagnosis kerja sudah tepat tapi dx banding salah (menyebutkan cholestititis)
IPM 2 (Kegawatan Kardiorespirasi) pelajari kembali meletakkan elektroda sesuai posisinya. interpretasi EKG kurang tepat, pelajari kembali pembacaan EKG yang baik. pembacaan kurang tepat, sehingga tatalaksana kurang tepat.
IPM 3 (neurologi penurunan kesadaran) belum menilai KU...GCS diperiksa di akhir karena kelupaan...interpretasi GCS salah...belajar lagi cara pemeriksaan GCS yang benar yaa, kalau cuma dipanggil2 ya tidak akan berespon, tp kan tidak langsung disebut E1V1M1...Sudah mengatakan akan melakukan pemeriksaan head to toe tapi kok tidak dilakukan (tidak sistematis)..Selain melihat adanya kemerahan di sekitar mata kira2 apa lagi yang perlu dicari di kepala?? Pelajari lagi ya dek apa saja yang perlu diperiksa pada kasus trauma kepala (hematom, krepitasi, refleks pupil, tanda peningkatan TIK)...dx penurunan kesadaran tidak tepat diganti koma juga masih belum benar...DD syok tidak tepat diganti delirium juga masih belum benar...interpretasi CT scan tidak tepat...pasien perlu dirujuk/dikonsulkan tidak?? Sebaiknya tetap izin ke pengantar pasien dulu sebelum pemeriksaan...
IPM 4 (resusitasi cairan) lupa teknik pemasangan nfus: persiapan, selang dialiri cairan jg ya dik, kattaer i.v nya pilih yg sesuaia ya, pasien mengarah syok lo, disinfeksi benran, lupa tdk tornikuet juga pengatur tetesan diletakkan diatas, bukan dekat pasien, cek mengalir dulu tdk, baru fiksasi, ...pokoknya BELAJAR lagi ya..
IPM 5 (muskuloskeletal) usulan rontgen salah (ro kan ada banyak jadi rontgennya harus disebutkan ro apa/regio apa, posisi ro-nya bagaimana, jgn hanya rontgen saja karena ro thorax, dll juga ada)
IPM 6 (psikiatri) tidak melakukan pemeriksaan psikiatri dengan komprehensif. diagnosis banding depresi sedang, tidak mengarah ke depresi sedang.
IPM 7 (infeksi) waktu habis, anamnesis dan pemeriksaan fisik tidak runtut, belum merencanakan pemeriksaan penunjang..
Download PDF