Sistem Nilai Ujian OSCE - 18711150

FEEDBACK OSCE REMEDIASI 1 SEMESTER 2 AGUSTUS 2019 TA 2018/2019

19 Agustus 2019

18711150

Station Feedback
PEMASANGAN KATETER kantong urine bag dan HS jangan diambil dan pegang dengan korentang. Bagian penjepit korentang itu steril !! kerja yang baik, tidak kasar dan banting2 alat bahan. siapkan pasien yang baik. cuci tangan sebelum kenakan HS steril. periksa pasien dulu, inspeksi dan palpasi dulu baru gunakan HS steril setelahnya jangan sentuh apapun yang tidak steril. oleskan gel ke kateter jangan hanya dicelup2 ke gel. buka labia mayor saat insersi -- > perhatikan kenyamanan pasien, insersi yg smooth !! sambungkan dulu urine bag dengan kateter sebelum dipasang
PEMERIKSAAN ABDOMEN DAN GINJAL IC kurang lengkap. Kaki pasien tdk ditekuk atau diganjal bantal. Inspeksi status generalis belum dilakukan. Inspeksi abdomen dalam posisi pasien terlentang ya. Tangan dan stetoskop belum dihangatkan. Suprapubik dan costovertebra belum diinspeksi. Belum perkusi orientasi. Belum mengukur lobus hepar kanan dan kiri. Perkusi masih kaku ya dek. Cara perkusi lien tidak tepat, kok dicari suara redup?? Apa bedanya palpasi orientasi dan palpasi visceral?? Palpasi aorta belum dilakukan. Cara palpasi hepar tidak tepat. Apa bedanya palpasi hepar dg bimanual ginjal kanan, kok caranya sama?? Palpasi lien belum dilakukan. Sudut costovertebra tu dimana ya dek??
PEMERIKSAAN FISIK THORAX cuci tangan belum 7 langkah WHO, sebaiknya palpasi orientasi juga pakai 2 tangan ya dek, perkusi bagian thoraks posterior kurang terdengar, banyak latihan lagi ya dek..., thorax posterior tidak auskultasi,menentukan batas atas jantung dan pinggang jantung tidak tepat, batas kiri jantung ditentukan dari sonor ke timpani bukan sonor ke redup, batas hepar bukan sonor ke timpani tapi dari sonor ke redup, kalo batuk sambil ditutupi ya dek..:)
Download PDF