Sistem Nilai Ujian OSCE - 13711145

FEEDBACK OSCE KOMPRE PERIODE AGUSTUS 2019 TA 2018/2019

13 Agustus 2019

13711145

Station Feedback
STATION GENITOURINARIA bagus sudah ic tapi sebaiknya juga disampaikan prosedur px nya ya, colok dubur hayoo pake gel ya, jangan tanpa gel, jangan lupa cek tonus sfingeter ani dulu, , ampula, dinding mukosa usus, jangan lupa juga konsistensi, sulkus medianus dan leatrealis bgmn, ,dx masih belum lengkap ya klo hanya ca prostat(harusnya retensi urin ec ca prostat.), kateter: persiapan jangan lupa ambil kassa dan letakkan di duk steril, desinfeksi dengan betadine ya bukan nacl, jangan lupa pada laki-laki oue dikasih gel yang dimasukkan dari spuit, untuk awal posisi 90 derajat ya, sebelum fiksasi jangan lupa untuk oue ditutup kassa dl ya, cuci tangan stlh tindakan...
STATION RESPIRASI Ax kurang spesifik. Bicara kurang keras. Px fisik tanpa cuci tangan. JANGAN komunikasi dengan penguji, lakukan saja px fisik, setelah selesai penguji akan memberikan hasil yg kamu lakukan. Cara ukur PB salah. Px thoraks langsung auskultasi saja. Px fisik kurang sistematik. Adakah kegawatan? Bicara kesan tidak percaya diri dan kurang keras. Tidak edukasi tentang penyakitnya.
STATION ENDOKRIN (KETOASIDOSIS) Pemeriksaan fisik head to toe tidak dilakukan// px penunjang masih kurang AGD// dx dan dd benar// tidak mengalirkan cairan sehingga banyak gelembung udara pada selang infus, pilihlah abocath paling besar karena untuk mengembalikan sirkulasi// menyebutkan insulin kurang rinci bolus atau drip////gelembung udara bisa menyebabkan emboli pada pasien-->berbahaya// biasakan baca soal ya dek, tidak ada instruksi mengajukan pertanyaan ke penguji :)
STATION GASTROINTESTINAL, HEPATOBILIER, DAN PANKRE anamnesis kurang mendalam, belum menanyakan RPD, RPK, lingkungan dan sosial. belum menggali faktor risiko penyebab muntah yang berasal dari makanan. jangan lupa cuci tangan sebelum dan setelah pemeriksaan. pemeriksaan fisik sebaiknya sistematis dari atas ke bawah. dx kerja sudah tepat, DD kurang tepat. pemasangan NGT sudah mengukur panjang selang sampai lambung, pasien sudah diposisikan setengah duduk. belum melakukan bilas lambung.
STATION HEMATOLOGI & IMUNOLOGI Ax sudah cukup baik, Namun sebaiknya anamnesis sitem perlu lebih lgkp lagi untuk mengetahui adanya keluhan yang lain. Kebiasaan juga perlu digali lebih dalam. PX fisik: KU perlu dilihat dulu, px tanda vital lakukan scr lengkap,px fisik thorak abdomen perlu dilakukan.Untuk status lokalis ROM perlu diperiksa juga.Usulan px penunjang : pikirkan lbh komprehensif, sperti px an RF, asam urat untuk menegakkan DD. DD OA belum sesuai. . Untuk edukasi kurang komprehensif, dalam berkomunikasi langkah baiknya jika gunakan nama pasien,terapi: perlu belajar lagi ya dosis dan jenis antipiretik analgesik . Jangan double dalam merespkan. Edukasi kurang sesuai dengna penyakit yang ada . Btw jangan lupa cuci tangan setelah selesai periksa :-)
STATION INTEGUMENTUM pemeriksaan fisik kok cuma singkat, harusnya look feel dan move, diagnosa salah! ok lain lain..
STATION KARDIOVASKULAR Elektrode dan kulit dibersihkan dahulu dengan kapas alkohol. Pemasangan elektrode kaki kanan dan kiri.terbalik, seharusnya kiri hijau, kanan hitam. Belum cuci tangan setelah merekam EKG. Interpretasi EKG: Interpretasi EKG sudahbenar. Non farmakoterapi harusnya ditambah oksigenasi dan pemasangan iv line, bedrest. Edukasi lebih dilengkapi mengenai penyakit dan penatalaksanaannya. Untuk resepnya perhatikan sediaan obat injeksi atautablet dan dosisnya ya.
STATION MUSKULOSKELETAL(wrist sprain) dx kontusio ini kurang pas, harusnya bisa lebih spesifik sprain atau strain ya, mana yg lebih spesifik, cara pasang elastic bandage nya terbalik, harusnya lembaran terbuka dibawah gulungannya menghadap ke atas agar bisa kencang, jangan lupa prinsip PRICE ya,
STATION NEUROBEHAVIOUR pemeriksaan neurologis sudah lumayan baik untuk refleks fisiologis dan patologis, kaku kuduk jangan lupa bantal disingkirkan.. interpretasi hcts lumayan. SH dd stroke iskemik? dg gambaran HCTS apakah masih memungkinkan infark?
STATION PSIKIATRI anamnesis oke, pemerikdaan psikiatri kurang lengkap, hanya bisa menyebutkan 8 poin. dx kurang tepat ya, dd nya boleh skiziafektif, apakah sudah bs disebut skizofrenia? terapi oke
STATION Sistem Reproduksi – Aborsi Spontan Komplit Ax masih minimal, riw penyebab perdarahan lain blm digali, jg RPD, RPK, kontrasepsi. Px gyn duduk ya dek, jgn berdiri. Px bimanual tdk dilakukan. Selesaikan satu2 ya dek, px gyn selesai, persilahkan ibu utk kembali ke tempat duduk, baru usulkan px penunjang.
STATION THT tdk px telinga
Download PDF