Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711059

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK AGUSTUS 2019 SEMESTER 6 TA 2018/2019

31 Juli 2019

16711059

Station Feedback
IPM 1 MATA lakukan pemeriksaan ketajaman visus juga. hati hati saat melakukan pemeriksaan palpebra superior ya..
IPM 10 MUSKULOSKELETAL menanyakan identitas di awal ya, untuk TUG mestinya kursinya sudah di-set menghadap ke area yg lapang demi kenyamanan dan keamanan pasien dan hasil px-nya valid, hasil px penunjang belum diinterpretasikan sama sekali, untuk fotonya AP-oblique ya bukan PA, belum cuci tangan setelah px, DD salah satu, terapi nadic sebetulnya bisa dimulai dari 2x25mg dulu Sof, tapi ditambah dengan steroid. jadi jgn biasakan lgsg pakai dosis maksimal 3x50mg.
IPM 2 THT anamnesis faktor resiko penyakit tidak tergali seperti merokok// px hanya bagian orofaring saja, yang lainnya tidak dilakukan//diagnosis tidak lengkap dan sebaiknya digabung jangan tonsilitis disertai faringitis// tatalaksana sebaiknya ada diberi NSAID// edukasi menjelaskan terkait nama penyakit dan pemberian obat// edukasi dengan bahasa medis sebaiknya dihindari seperti abses, tonsil//
IPM 3 ENDOKRIN METABOLIK santai saja ya, tampak terburu-buru.. padahal anamnesisnya lumayan lengkap.. tp terlupa menanyakan hasil pemeriksaan fisik, sampai cuci tangan berulang-ulang. edukasi dilengkapi ya dan kuminikasinya diperjelas. terapi farmakologi yg harus diberikan adalah penatalaksanaan awal bukan terapi maintenance.
IPM 4 NEUROBEHAVIOR sudah baik
IPM 5 KARDIOVASKULER Anamnesis sudah ok, px fisik anda tidak melakukan px had to toe, khususnya thorak meskipun hanya simulasi. pemasangan EKG letak kabel tidak rapi, interpretasi ekg kurang tepat karena menyebut st elavasi. diagnosis juga tidak tepat
IPM 6 SISTEM RESPIRASI agar tidak terlewat, px fisik ditanyakan sistematis ya dek, tidak hanya thorax,lebh komplit di thorax(IPPA), tanda2 sesak blm digali, spt sianosis, retraksi dll, pxpenunjang blm komplit, juga tidak diinterpretasikan,Diagnosis utama ok, keterangan krg ppas, DD masih blm tepat..., kterapi blm komplit, perlu antipiretik? edukasi msh kurang ya, ttg penyakitnya, pengobatannya dll.
IPM 7 INTEGUMEN diagnosis dan diagnosis banding terbalik. pemeriksaan fisik tidak melakukan palpasi.
IPM 8 GASTROINTESTINAL GASTRITIS dx kurang lengkap-kan ada gambaran batu di usg abdomen -jadi bukan hanya kolesistitis ya, DD salah ya, pasiennya kan makan minum langsung muntah jadi obatnya jangan dikasih oral-kasih injeksi atau per infus jadi pasiennya harus opname, dikasih ketokonazol tu buat apa ya?infeksi jamur kah pasiennya?
IPM 9 GENITOURINARIA Sebaiknya cuci tangan betulan ya dek bukan hanya dikatakan. Bagaimana cara memasukkan jari yg benar saat RT? Dx kerja kurang tepat, penyakit pasti belum bisa dipastikan karena belum ada px penunjang. Informed consent dulu ya sebelum tindakan apalagi prosedur invasif. Bagaimana cara fiksasi yg benar? Perhatikan lagi prinsip aseptiknya ya. Apa yg dilakukan selanjutnya untuk tatalaksana definitif??
Download PDF