Sistem Nilai Ujian OSCE - 18711161

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK AGUSTUS 2019 SEMESTER 2 TA 2018/2019

08 Agustus 2019

18711161

Station Feedback
KOMUNIKASI belum menanggapi bahasa non verbal lawan bicara spt lawan bicara sll mendekap tangannya krn kedinginan
PEMASANGAN EKG ic kurang baik, tdk menyebutkan resiko dan meminta peretujuan tindakan. tdk membersihkan bagian tubuh pasien yang akan dipasangg elektrode dengan alkohol, tdk meminta melepaskan barang yang berlogam, cup precordial sering lepas2 k kurang kuat, tdk mendemokan simulasi perekaman, tdk meminta pasien tenang selama perekaman. banyak tindakan yang tdk dikerjakan dengan sempurna, tdk juga membersihkan alat, pasien dan meminta memakai pakaian kembali k waktu habis
PEMASANGAN KATETER saat mengambil sarung tangan, bungkus luar dijepit dengan korentang, lalu korentangnya digunakan mengambil bungkus bagian dalamnya dan mengenai area steril-->menjadi tidak steril. saat desinfeksi, tangan kiri memegang area penis yang belum steril tanpa dilapisi alas--> menjadi tidak steril. teknik pemasangan katater sudah sesuai. akan tetapi mohon hati2 saat akan memasukkan kateter agar kataternya tidak berpeluang mnyentuh area non steril (tadi beberapa kali kateternya berayun2)
PEMERIKSAAN ABDOMEN DAN GINJAL Lakukan pemeriksaan status generalis dulu sebelum pemeriksaan abdomen. Berlatih cara palpasi hepar dan bimanual ginjal yg benar ya dek. Dimana posisi pemeriksaan nyeri ketok ginjal yg benar?
PEMERIKSAAN FISIK LEHER Informed consent : oke. Pemeriksaan : sempat lupa tdk melakukan auskultasi tiroid. Perbaiki lagi tehnik palpasi tiroid dan limfonodinya ya dek.
PEMERIKSAAN FISIK THORAX belum mengecek kedua sisi stetoskop, interpretasi suara tracheal, bronkhovesikuler itu lokasi auskultasinya dimana ya? gak relevan,, hapalan tapi salah, sama ini dengan herjun tadi..
PEMERIKSAAN VITAL SIGN jangan lupa menurunkan suhu pada termometer smp dibawah 35 ya sblm digunakan. pemeriksaan nadi dan respirasi, tdk hanya frekuensinya ya yg dinilai. kurang keatas ya pasang mansetnya. seharusnya 2,5 cm diatas fossa cubiti.
Download PDF