Sistem Nilai Ujian OSCE - 18711036

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK AGUSTUS 2019 SEMESTER 2 TA 2018/2019

08 Agustus 2019

18711036

Station Feedback
KOMUNIKASI responlah bhs nonverbal lawan bicara lihat dia antusias/sibuk atau tidak, dia mainan hp terus apakah dia nyaman dg kita atau tidak terganggu tdk, setiap bertanya kamu selalu mengawali dngan kata jawa "nek" nah ini jadi masalah karena penggunaan kata ini dlm bhs jawa tidak tepat digunakan oleh org muda kepada yg jauh lebih tua, saran saya, kalo ndak paham bhs jawa lebih baik pake bhs indonesia saja
PEMASANGAN EKG tdk meminta/ mengkonfirmasi apakah pasien memakai alat/ perhiasan yang mengandung logam/ sejenisnnya. tdk membersihkan tubuh pasien dengan alkohol sebelum dilakukan perekaman. leas V6 kuruang ke kiri sedikit lagi. tdk menghub alat ekg dengan stop kontak. membersihkan tubuh pasien dan alat elektrode setelah digunakan. tdk cuci tangan.
PEMASANGAN KATETER tidak menjelaskan resiko dan cara pemasangan. tidak meminta persetujuan pasien terlebih dahulu. tidak meminta pasien untuk rileks. on lebih dari 3x, handscoon itu bungkus dalamnya saja yang steril, tetapi luar nya tidak steril, jadi pegang saja pakai tangan ya dek, bukan pakai korentang. alat-alat belum siap kok sudah pakai handscoon? sudah pakai handscoon kok memegang bungkus luar kateter? on lagi. mempersiapkan alat-alat lainnya juga pakai handscoon. kalau begini pasien sangat besar kemungkinan infeksi. cara disinfeksi tidak tepat, kassa sudah jatuh dipakai lagi? kassa diawal disinfeksi tidak memakai povidone iodine? tidak memasang duk steril.belajar lagi ya dek, perbanyak latihan, jangan lupakan prinsip utama sterilitas.
PEMERIKSAAN ABDOMEN DAN GINJAL Jangan lupa minta pasien kosongkan kandung kemih ya sblm pemeriksaan, Pemeriksaan ststus generalis kurang lengkap ya dek, edema dll perlu dicek. Inpeksi regio kostovertebralis dan suprapubik belum dilakukan, teknik perkusi kurang sempurna, posiis tangan kanan kurangdiangkat, untuk palpasi dalam, tagan kurang menekan
PEMERIKSAAN FISIK LEHER tidak menyiapkan senter dan stetoscope saat akan pemeriksaan,yang lain ok
PEMERIKSAAN FISIK THORAX Perkusi orientasi pada dasarnya membandingkan kiri dan kanan, jadi pastikan sesuai cascadenya. lain-lain sudah baik.
PEMERIKSAAN VITAL SIGN oke
Download PDF