Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711100

FEEDBACK OSCE PREDIK PERIODE MARET 2019 TA 2018/2019

21 Maret 2019

15711100

Station Feedback
Hematoinfeksi pemeriksaan otot gastroknemius belum diperiksa (khas nyeri pada leptopsirosis), pemeriksaan urin belum diperiksa,
Integumentum DD nya salah ya Aul. obat cukup kasih topikalnya saja ya dek, tidak usah didouble dengan oral.
Muskuloskeletal interpretasi foto rontgen kurang tepat. pelajari kembali perbedaan clavicula normal dan fraktur clavicula. tetapi perhatikan penggunaan ketorolac tablet dan efek sampingnya.
Psikiatri RPK, RPD, dan riw NAPZA digali ya dek, utk simptomatologi yg digali:KU sedih orientasi baik, sikap dan perilaku tertutup, afek datar, mood sedih, ggn persepsi halusinasi auditorik, isi pikir waham, btk pikir tdk realistis, perhatian dan tilikan sudah benar. isi edukasi masih jauh dari yang diharapkan, ingat ok pasien ada niat bunuh diri maka sebaiknya dipondokan, efek samping obat juga perlu disampingkan, rujuk pasien dan jelaskan bentuk dukungan keluarga yg harus diberikan ke pasien.
Sistem Endokrin dan Metabolik Px sensibilitas kurang lengkap, pada kasus ini stocking hipoestesia. Waktu habis, edukasi belum sempat diberikan. Mungkin tadi maksudnya HbA1c ya, bukan HBsAg.
Sistem Gastrointestinal Dx: perdarahan di gastrointestinal (kurang lengkap). DD: suspek ulcus pepticum (ini Dxnya seharusnya), varises esofagus (ok). Pemasangan NGT: tidak melakukan inform consent (tidak menjelaskan tujuan (bilas lambung dan mengurangi distensi lambung), resiko, cara, dan meminta persetujuan pasien). Saat memasukkan selang NGT tidak meminta pasien untuk relaks.Tidak menyambungkan selang NGT ke drainase bag. Edukasi: Waktu habis tidak sempat edukasi mengenai penyakit pasien, FR-nya, dan penanganan selanjutnya, perlu di rujuk/tidak.
Sistem Genitourinaria bacaan BNO kurang tepat, duk yang dipakai cuma 1, hatihati rapihkan kilbab dengan benar agar tidak mebuat ON, belum memastikan urin keluar sebelum dikunci
Sistem Indera dx tdk lengkap, DD salah
Sistem Kardiovaskuler JVP dan pemeriksaan akral dingin belum dilakukan, penunjang ok, diagnosa utama bener DD kurang tepat, mosok terapi cuma nitrogliserin sama obat hipertensi, padahal obatnya harusnya lengkap!, edukasi faktor risiko pasien kan perokok.
Sistem Neurobihaviour Dx : ok. DD : cedera kepala?--> sdh ditanyakan blm ada riwayat trauma atau tdk?. Tx Awal : ranap, oksigenisasi, i.v line. antipiretik, anti mual, antibiotik. Edukasi : rujuk Sp.S?
Sistem Reproduksi Anamnesis,riwayat menstruasi dan riwayat pribadi yang relevan sebaiknya ditanyakan. Pemeriksaan, membuka selimut pasien sebaiknya sebelum menggunakan handscon, inspeksi vagina dan cervix belum dilakukan. Diagnosis yang benar cervisitis GO bukan uretritis GO.
Sistem Respirasi Sudah baik.
Download PDF