Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711095

FEEDBACK OSCE PREDIK PERIODE MARET 2019 TA 2018/2019

21 Maret 2019

15711095

Station Feedback
Hematoinfeksi pemeriksaan otot gastroknemius belum diperiksa (khas nyeri pada leptopsirosis), diagnosis sudah benar, antibiotik belum diberikan
Integumentum anamnesis masih kurang lengkap, belum tergali juga faktor resiko nya. Desripsi UKK salah. pemeriksaan penunjang yang dilakukan salah, yang keempat baru benar, tetapi tidak boleh tebak2 seperti itu ya Shafir :)) DD salah, kalau beda lokasi ya tidak bisa dijadikan DD. terapi salah, jamur dikasih mebendazol?
Muskuloskeletal sebaiknya meminta pasien untuk melepaskan pakaian yang menutupi daerah nyeri. pelajari kembali jenis-jenis foto rontgen. pelajari kembali nama-nama tulang didaerah shoulder joint. perhatikan kembali analgetik yang dipilih, sebaiknya disesuaikan dengan tingkat nyeri yang pasien alami.
Psikiatri untuk anamnesis belum lengkap dan sistematis, tanyakan RPS dengan lengkap dan sistematis dan juga riwayat pengobatan, RPD, RPK, dan riw penggunaan NAPZA juga ya. utk penggalian simptomnya coba berlatih lagi dan coba lebih sistematis, kalau bilang merasa ada yg kejar2 ya digali lah lebih lanjut, siapa yang dikejar oleh siapa, kamu gali apakah itu hanya berupa ggn proses pikir atau mmg realita.yg dilaporkan simptomatologi oleh mahasiswa: KU tampak sedih, sikap kooperatif, orientasi baik, mood sedih, afek sedih, isi pikir tdk realistik ok ada yg bisik, proses pikir ada waham, hub jiwa tdk ada riwayat, fs kognitif baik, tilikan 1. dek, utk isi pikir itu yg digali adakah waham atau tidak, kalau ada mendengar suara2 namun objek tdk terlihat oleh org lain itu adlh ggn persepsi. Diagnosis yg disampaikan deptresi berat-->msh kurang tepat, dg DD skizoafektif dan skizofrenia. untuk edukasi pasien di rujuk ke psikiater, rawat inap, bentuk dukungan keluarga yg hrs diberikan
Sistem Endokrin dan Metabolik Jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah periksa. Ukur lingkar perut pada pasien obes. Latihan lagi cara pemeriksaan sensibilitas yang cepat dan tepat untuk mendapatkan stocking hipoestesia. Dx kurang tepat, 150/90 mmHg hipertensi grade 1. Waktu habis, edukasi sangat minimal.
Sistem Gastrointestinal Dx: ulcus gaster (ok), DD: gastritis (X). Pemasangan NGT: tidak melakukan inform consent (tidak menjelaskan tujuan (bilas lambung dan mengurangi distensi lambung), cara, resiko, dan meminta kesediaan pasien. Saat memasukkan selang NGT tidak meminta pasien untuk relaks. tidak menyampaikan akan dilakukan bilas lambung, tidak menyambungkan selang NGT ke drainase bag. Edukasi: meng-edukasi mengenai penyakit pasien, FR-nya, dan penanganan selanjutnya, perlu di rujuk atau tidak.
Sistem Genitourinaria kok gambaran kontras?, tidak tau istilah hematuria ya?, justru memstikan kateter terkunci dengan ditarik, kenapa malah bilang tidak bolek ditarik? rujunya urologi ya bukan penyakit dalam
Sistem Indera dx tdk lengkap, DD salah. terapi simptomatik saja, kausatifnya belum
Sistem Kardiovaskuler faktor risiko utama pada pasien dia ini perokok belum digali, yang memperberat dan memperingan pasien belum digali, tidak tahu gambaran ekg, diagnosa salah STEMI dd salah angina dan GERD, tatalaksana awal udah bener tapi belum lengkap, jangan lupa hipertensinya juga di terapi, edukasi tidak lengkap,
Sistem Neurobihaviour Ax : kurang digali lagi yaa,, faktor pemicu atau f.risikonya sakit pasien apa?belum tergali. --> cek riwayat penyakit sebelumnya, cek riwayat kebiasaan pasiennya?. Px : meningeal sign perlu diperiksa ga kira2?. Dx : Cluster. DD : TTH, migrain. --> Dx dan DD salah. Tx awal : oksigen, antinyeri, antipiretik, antimual.
Sistem Reproduksi Anamnesis, R. menstruasi, RPK, dan R. personal sebaiknya digali. Pemeriksaan, sebaiknya inspeksi genitalia eksterna dilakukan dahulu. Setelah pemasangan spekulum seharusnya inspeksi vagina dan cervix. Diagnosis kurang lengkap.
Sistem Respirasi Interpretasi penunjangnya msh byk yg kurang ya. Dx dan DD tertukar2, blm terlalu tepat. Txnya dipelajari lagi ya.
Download PDF