Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711004

FEEDBACK OSCE REMEDIASI 1 SEMESTER 7 TA 2018/2019

06 Februari 2019

15711004

Station Feedback
IPM 2 lebih baik tanyakan juga ada benjolan tidak di anus. Belum menanyakan RPK. Vital sign hanya TD dan suhu. Tidak diakukan pemeriksaan status generalis. Pemeriksaan penunjang benar 1 (darah rutin) yang lain tidak tepat (rontgen abdomen, endoskopi, kutus feses). Diagnosis hampir benar (lebih baik pakai bahasa medis ya bukan wasir tapi hemoroid, dan bedakan interna atau eskterna), derajat salah (disebutkan derajat 1). DD kurang tepa (disebtkan ulkus gaster, apakah ukus gaster juga ada keluhan BAB berdarah?? apa beda warna darah dari upper GIT dan ower GIT??).
IPM 4 primary survey jangan lupa dilakukan ABC lalu penanganan berdasar hasil hasil survey ini, o2 koq 1l/mnt?? kurang, piliha nacl kurang tepat, harusnya ringer laktat, alasan trnasfusi set karena mau digrojog juga salah (infus set makro juga bisa utk grojog) jd alasannya harusnya karena hemoragik jadi sewaktu2 butuh transfusi bisa lagnsung dilakukan, prosedur penyiapan transfusi set mu ya salah harusnya sejak awal drip chamber diisi dulu separo lalu dialirkan utk buang udara, jangan sudah pasang kateter?sudah disuntik baru ngalirkan ciran ke selang infus, kasihan pasiennya disuntik dan ditinggal nyiapin alat, dan drip chamber juga tidak kamu isi separo, belum bisa ngitung tetes per menut,
IPM 5 interpretasi kurang tepat, salah menunjukkan osteo yang patah, pelajari kembali perbedaan gambaran rontgen os ulna dan os radius. apakah penanganan fraktur pada pergelangan dengan bandage saja? apakah tidak perlu bidai? sebaiknya pelajari kembali penanganan fraktur pada pergelangan tangan.
IPM 6 halusinasi tidak hanya visual ya, auditorik juga ada ya mas. bentuk pikir dan progresi pikir belum disebutkan. hati2 ya dalam berkomunikasi dengan pasien, jangan menjanjikan pasien pacarnya bisa pergi kalau minum obat yg anda berikan, justru pasien tidak ingin pacarnya pergi kan? baik kemudian anda menyebutkan ada waham curiga, sudah benar, namun sebenarnya ada lagi waham pada pasien ini yaitu waham syiar pikir. edukasi masih kurang ya mas, pada kasus ini seharusnya anda menjelaskan bahwa pasien memerlukan rawat inap dan refer ke SpKJ. Dx dan DD malah belum anda sebutkan ya. Tx sudah ok.
IPM 7 anamnesis belum lengkap, menimbang BB, px fisik tidak sistematis, udah px thorax balik lg vital sign, duuh coba belajar yg lebih sistematis ya mas, coba cara komunikasi pada pasien diperbaiki, bicara yang lebih jelas, jangan banyak istilah yang sulit dimengerti pasien, edukasi bisa lebh ditegaskan dg rekonfirm apakah pasien paham dg keterangan dokter
Download PDF