Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711157

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 5 TA 2018/2019

30 Januari 2019

16711157

Station Feedback
AKDR IMPLANT kalo ada rasa sakit, tahan aja bu....waaa instruksi mengerikan. tidak dipasang duk lubang. sulit memasukkan copper T ke tabung, benang ada yg keluar ke atas tabung. sarung tangan kanan dilepas, dan memasukkan AKDR tanpa sarung tangan lagi. benang belum dipotong. benang masuk ke uterus tidak teratur. tidak pake prinsip withdrawal tekhnik
ANC px penunjang kurang usg dan urin rutin, dx anemia gravidarum salah, edukasi kapan datang lagi salah
IMUNISASI belum menanyakan riwayat kelahiran, belum menanyakan kondisi saat ini (ada tidaknya kontraindikasi), kok suntiknya IM?,belum menjelaskan KIPI yg harus diwaspadai dirumah
IPM 1 Izzul, anamnesisnya bisa dilengkapi lagi ya, terkait kebiasaan, higienitas pasien, riwayat seksual, dan riwayat seksual pasangan; duknya dipasang sebelum spekulum ya; kedua tangan ON karena memegang plastik, ON kan salah 1 tangan saja ya; lakukan pemeriksaan gyn dalam posisi duduk, berdiri hanya jika bimanual; lupa memeriksa pH ya; lain2 sudah baik, kedepannya perhatikan prinsip sterilitas ya
IPM 2 karena dalam kasus sudah ada anamnesis hanya diperlukan kroscek saja (soal juga hanya. px fisik). Vital sign bagaimana? auskultasi thorax-abdomen??. meningeal sign cuma kaku kuduk (lainnya mana?) reflek fisiologi & patologis?. harusnya dirawat inap karena harus di observasi pada kasus KDK terapi cuma kejangnya saja?. edukasi lebih hati-hati (prinsip breaking bad news lupa?). rencanakan konsultasi dokter anak jika tidak ada perbaikan.
IPM 3 Tidak ditanyakan apakah anak masih mau minum, kapan BAK terakhir. Pemeriksaan tanda dehidrasi kurang lengkap (peristaltik meningkat, akral dingin tidak diperiksa). Terapi kurang tepat (hanya disebutkan RL dan oralit). Lupa bagaimana menghitung kebutuhan cairan (berapa ml/mg, berapa tetesan permenit). Edukasi kurang relevan, (pencegahan cuci tangan dsb tidak relevan). Perlu lebih fokus pada pasien perlu mondok, perlu dievaluasi dehidrasinya misal dengan minta ibu memonitor BAK pasien.
IPM 4 pengalian bipolarnya kurang pas, uring2an kan bukan bagian dari mania...mania ada krietrianya sendrii, nah kalau ingin tau apakah ps ada gejala ya digali sesuai dg simptom dari krietria diagnostiknya. edukasi dah cukup hanya saja muatan edukasi dan konselingnya lbh ditingkatkan lagi, berikan usulan2 solusi kepd pasien dan keluarga yg lbh real dan gunakan bhs yg lbh mudah dipahami oleh pasien.
KONSELING KB Anamnesis, sebaiknya digali riwayat menstruasi, RPD, RPK, riwayat kehamilan dan persalinan. Konseling hanya menjelaskan IUD dan suntik. Pemilihan kontrasepsi tidak tepat. Komunikasi cukup.
PPN belum menyiapkan osisi pasien, belum desinfeksi vulva. teknik sangga susur belum benar. mengecek apakah ada bayi kedua sebaiknya lakukan dg palpasi perut ibu. ini bayi diperut ibu tdk diselimuti malah ditinggal menyiapkan alat dan mengganti sarung tangan. teknik masase uterus belum benar.
RESUSITASI NEONATUS Menerima bayi tanpa handschoon. Sungkup terlalu besar. VTP kenapa dengan reservoar? Kalau cukup bulan tidak perlu. Kompresi dada tanpa oksigen. Belum nyiapkan epinefrin di awal. HR 80 kok tappering off? Kan masih dibawah 100, seharusnya lanjutkan VTP. Tindakan terlalu lambat. Waktu habis, belum selesai.
RESUSITASI NEONATUS (asisten)
SIRKUMSISI ok
Download PDF