Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711155

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 5 TA 2018/2019

30 Januari 2019

16711155

Station Feedback
AKDR IMPLANT overall ok, edukasi baik
ANC oke
IMUNISASI anamneisi belum lengkap (belum menanyakan kondisi saat ini /ada tidaknya kontraindikasi, reaksi saat imunisasi seblumnya), memakai sarug tangan seharusnya sebelum menyiapkan vaksin ya
IPM 1 Lia, anamnesisnya bisa dilengkapi lagi ya, terkait kebiasaan, higienitas pasien, riwayat seksual, dan riwayat seksual pasangan;jika mau memeriksa swab tidak perlu dilakukan disinfeksi dan menggunakan gel karena akan merusak spesimen. jika mau membersihkan cukup dengan kassa kering. secara logika klau keputihan, sudah ada sekret, jd tidak butuh gel. kalau pun mau menggunakan gel gunakan gel dengan pH netral agar tidak mempengaruhi px pH; lain2 sudah baik
IPM 2 walaupun kasus sudah ada data anamnesis tetap diperlukan kroscek data. Px leher-Thorax-abdomen harus dilakukan?. reflek fisiologi?. diagnosis KDS yakin? ini kejang berulang (baca dan konfirmasi soal pada pasien), harusnya rawat inap (observasi 24 jam) bukan 2-3 jam saja. diare tidak di obati?. edukasi lebih hati-hati (prinsip breaking bad news lupa?). Jlebih teliti..
IPM 3 Tidak ditanyakan kapan BAK terakhir pasien. Terapi rehidrasi kurang tepat, 20 tetes permenit? 360 tetes permenit (makro) selama 30 menit pertama? lalu 840 tetes permenit selama 2.5 jam kedua? Sebagian kurang relevan untuk masalah saat ini (misal Zinc selama 10 hari). Evaluasi sdh disampaikan. 37.8--> perlukah paracetamol?. Edukasi kurang relevan dengan masalah SAAT INI yang perlu rumatan intensif di rumah sakit misal minta ibu memonitor BAK. Penyampaian ke pasien agak terburu2.
IPM 4 DD nya dipelajari lagi ya. tp keseluruhan dah cukup
KONSELING KB Anamnesis, sebaiknya riwayat menstruasi, riwayat kehamilan dan persalinan, RPD dan RPK digali. Konseling baik. Pemilihan kontrasepsi tepat.
PPN belum menyiapkan posisi ibu, mengecek bayi kedua sebaiknya dengan palpasi perut ibu. teknik melahirkan plasenta belum benar.
RESUSITASI NEONATUS Menerima bayi tanpa handchoon. Setelah langkah awal baru menggunakan sarung tangan. Bayi dibiarkan nyiapkan alat dan memakai handschoon. Ritme kompresi dan VTP salah, kok tekan-lepas-lepas. asetelah kompresi dada+VTP didapatkan HR 50 kenapa kok lanjut kompresi dada+kompresi lagi?? Seharusnya langsung masuk epinefrin. Epinefrin belum dipersiapkan sejak awal. Waktu habis, tindakan belum selesai. Langkah kurang sistematis.
RESUSITASI NEONATUS (asisten) cukup
SIRKUMSISI injeksi lidokain itu bukan tegak lurus simpisis tapi tegak lurus corpus penis, cek anestesi itu dijepit ujung2 preputium ya, sirkumsisi usahakn gunakan gunting berujung tumpul agar tidak melukai glands penis, arah jahitan jam 12 itu sebaiknya dari mukosa ke kulit atau sebaliknya bukan horizontal dari kulit sehat ke kulit sehat,
Download PDF