Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711146

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 5 TA 2018/2019

30 Januari 2019

16711146

Station Feedback
AKDR IMPLANT AKDR beserta seluruh tabung dan inserternya dikeluarkan dan ditaruh di meja steril, prinsip no touch loading tidak terjadi. pemotongan benang stelah tabung ditarik, benang tidak dijepit klem dulu, stelah dipotong bisa jatuh di rongga vagina. cara masukkan AKDR kurang tepat, cunam tidak diangkat dg tangan kiri, lalu bagaimana bisa masuk ke portio, terhalang dg cunam. ini tjd krn mhs terbiasa langsung memasukkan AKDR ke model uterus
ANC belum edukasi
IMUNISASI anamneisi kurang (riwayat kelahiran, masalah pada imunisasi sebelumnya, kondisi anak saatn ini), suntikan sukutan kurang masuk jarumnya, pakai teknik cubit seperti yg diajarkan, kalau melarutkan vaksin itu cairannya yg dipindah ke vial serbuk (bukan kealik), belum menjelaskan KIPI, 18 bulan seharusnya di edukasikan booster pentabio juga ya
IPM 1 Dila, anamnesis sudah baik tp dilengkapi lagi ya riw seksual suami, jangan2 infeksi datangnya dr suami; tidak melakukan toilet vulya sududah benar namun kenapa menggunakan gel. secara logika kalau keputihan, sudah ada sekret, jd tidak butuh gel. kalau pun mau menggunakan gel gunakan gel dengan pH netral agar tidak mempengaruhi px pH; memasukkan spekulum terlalu dalam dan saat mengeluarkan caranya kurang tepat;
IPM 2 dilakukan dulu krosscek hasil anamnesis (skenario), lebih baik diawal dibanding setelah pemeriksaan. cuci tangan lupa ya? pemeriksaan thorak-abdomen (dilakukan ya), reflek fisiologis&patologis lupa?. diare tidak diobati?. rencanakan konsultasi dokter anak jika tidak ada perbaikan.
IPM 3 Tidak ditanyakan kapan BAK terakhir. Elastisitas kulit dan cubitan kulit tidak dilakukan. Berapa cairan dan tetesan yang diperlukan tidak dihitung/disampaikan (lupa bagiamana cara menghitung kebutuhan cairan). Edukasi kurang fokus pada masalah pasien SAAT ini, tidak meminta ibu untuk memonitor BAK.
IPM 4 simptom lainn yg mendukung DD tolong digali lebih optimal ya. ggn tidurnya bukan jd DD ya dek, kalaiu spt itu pun kamu hrs meggali terkait dg simytom yg medukung ggn tidur.
KONSELING KB Anamnesis,sebaiknya ditanyakan riwayat kehamilan dan persalinan, RPD dan RPK. Konseling baik. Pemilihan kontrasepsi tepat Komunikasi cukup.
PPN belum menyiapkan pasien sudah diperiksa tanda2 kala 2. belum melakukan tindakan asepsis, sudah memimpin mengejan baru pasang alas bokong, terlambat mengarahkan bahu, tdk melakukan sangga susur. belum memastikan tdk ada bayi kedua sdh menyuntikkan oksitosin, cek juga kelengkapan selaput ketuban ya tdk hanya plasenta saja.
RESUSITASI NEONATUS Lupa informed consent. Salah diagnosis.
RESUSITASI NEONATUS (asisten) kompresi dan ritme benar. cukup cekatan dalam membantu tindakan.
SIRKUMSISI ok
Download PDF