Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711105

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 5 TA 2018/2019

30 Januari 2019

16711105

Station Feedback
AKDR IMPLANT Sudah Baik, tapi tidak terdengar membaca basmallah & tidak melakukan Insisi.
ANC Ax: cukup lengkap; cara pemeriksaan leopold 3 menghadap wajah ibu ya dek dengan 1 tangan; PP: baru 1 px penunjang; edukasi belum ada kapan harus ANC lagi Dx:: ok ; edukasi lengkap
IMUNISASI baik sudah memperkenalkan diri dan salam, menggali identitas ibu kurang alamat, riwayat kelahiran (persalinan, / riwayat imunisasi sudah digali / reaksi setelah imunisasi sebelumnya (demam) / kondisi anak saat ini (demam aja, kondisi kontaindikasi imunisasi lainnya tidak ditanyakan)/ spuit sebaiknya menggunakan yang 3 cc dan jarum 23 g, tidak menghangatkan vaksin dan tidak mengecek vaksin masih baik atau tidak, tidak mendesinfeksi kulit tempat injeksi/ tidak membuang spuit pada kotak kuning spuit/ perintahnya menyuntikkan DTP saja tapi vaksin yang dipilih DTP-HB... mohon kedepannya lebih cermat dalam menilai vaksin ya
IPM 1 handscoon dipersiapkan sebelum cuci tangan who ya rizka, kalau setelah cuci tangan berarti jadi on. lampu tidak digunakan saat inspeksi luar. sebaiknya tetap dipakai ya Rizka. nyalakan dari awal.
IPM 2 tdk melakukan : cuci tangan who, reflek fisiologis, biasakan melakukan px fisik secara sistematis ya. tdk menganjurkan untuk ranap observasi adanya kelaianan/ perubahan demam dan kejang uangan.
IPM 3 anamnesis kurang lengkap, pemeriksaan fisik tiak lengkap (abdomen IAPP, tanda dehidrasi pada wajah tidak diperiksa,
IPM 4 penggalian informasi sudah cukup bagus, hanya saja keluhan somatis lainnya msh blm lengkap utk membantu menunjang diagnosis kerja. kriteria diagnosis utk somatisasinya blm lengkap.
KONSELING KB Ax : Anamnesis lebih digali kagi ya, keluhan apa saja yg dimunculkan akibat alat kontrasepsi sebelumnya? dan riwayat kehamilan dan persalinan pasien bagaimana?. Konseling : Tidak perlu menjelaskan secara detail semua jenis kontrasepsi ya dek, yg dijelaskan yang sesuai dengan masalah kliennya. Itu make implant aman dengan kondisi pasien kah? tolong dibaca lagi ya dek.. dan IUD juga dibaca lagi jenis2 IUD apa saja yaaa.. Mana yg mana buat ibu menyusui dan mana yg aman buat org dengan riwayat HT. Waktu pemasangan dibaca lagi ya dek utk IUD kapan? kalau saat mentruasi, menstruasi hari ke brp dilakukan pemasangannya? --> disampaikan dengan jelas yaaa... Untuk pemahaman perlu dibaca lebih lanjut lagi yaaa.. Implant efek samping, kerugiannya, kontraindikasinya apa saja?
PPN Persiapan alat: tdk memakai apron. Kala III: tdk memindahkan klem 5-10 cm dari introitus vagina, Perasat kustner: tindakan yang dilakukan masih kurang tepat, seharusnya posisi tangan kiri anisa menekan daerah di atas simpisis pubis.
RESUSITASI NEONATUS tidak mempersiapkan tim/asisten. tidak informed consent keluarga. Bantalan bahu terlalu tinggi. Belum suction saat langkah awal/terlupa. Tidak memasang oksimetri. Kompresi dada tanpa disambungkan dengan reservoar dan O2. Tidak buka handschoon dan cuci tangan setelah tindakan. Kurang sistematis. Tidak menyampaikan diagnosis pasien.
RESUSITASI NEONATUS (asisten) diam saja, tidak persiapan sebagai asisten (cuci tangan dan menggunakan hands schoon)
SIRKUMSISI persiapan sudah lengkap, tenik aseptik sudah ok, teknik anestesi blok kurang tepat sudut injeksinya, saat menjahir usahakan tangan kiri membantu pakai pinset ya.
Download PDF