Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711096

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 5 TA 2018/2019

30 Januari 2019

16711096

Station Feedback
AKDR IMPLANT Sudah Baik, tapi tidak terdengar membaca basmallah.
ANC Ax riwayat makan belum ditanyakan, PF lengkap; PP: benar namun belum interpretasi; Dx benar; komunikasi: sampaikan bahasa pasien ya dek, bukan bahasa kedokteran; edukasi: ANC berikutnya 1 bulan lagi? pada pasien ini trimester berapa dek?
IMUNISASI baik sudah memperkenalkan diri dan salam, menggali identitas lengkap, riwayat kelahiran oke / riwayat imunisasi oke/ reaksi setelah imunisasi sebelumnya (alergi, demam) / kondisi anak saat ini tidak digali lengkap/ tidak menghangatkan vaksin, dan sebaiknya menyebutkan indikator vaksin masih baik apa saja, tangan kiri tidak meregangkan kulit saat melakukan penyuntikan, vaksin yang diambil tidak sesuai dengan yang diinstruksikan (yang diambil yang DT-mohon berikutnya lebih teliti melihat vaksin), spuit tidak dibuang ke kotak kuning
IPM 1 tidak melakukan inspeksi bagian luar maupun bagian dalam. on lebih dari 3x. lakukan benar2 ya, jangan cuma menyebutkan. jadi kalau harus ditetesin ya tetesin, diolesin ya diolesin, dst. inspeksi juga begitu, lakukan dan akan dapat hasil dari penguji. diagnosis benar.
IPM 2 tdk cuci tangan WHO. reflek fisiologis dan patologis hanya dilakukan di satu kaki, sebenarnya secara prinsip kamu sangat baik namun lupa bhw prinsip neurologis adalah simetrisitas. dx kurag tepat. memberi terapi tanpa menyebutkan dosisnya. kok grogi saat edukasi, terlihat bingung? sebenarnya informasi edukasi yang dilakukan cukup banyak, namun dalam breaking bad news ada beberapa hal yang perlu ditekankan antara lain : perhatikan empati, turunkan intonasi
IPM 3 belum diberi paracetamol
IPM 4 cukup, hanya saja DD yg betul hanya hipokondriasis
KONSELING KB Ax : Keluhan saat menggunakan KB terdahulu, sperti perdarahan/flek? Suntik yang digunakan ditanyakan yg suntik 1 bulan atau 3 bulan?. Konseling : Lakukan konselingnya sesuai dengan data yang didapatkan dari pasiennya ya, biar relevan, jadi tidak usah dijabarkan semua (sesuai dengan kondisi pasien/klien saja), boleh dengan menjelaskan hormonal dan non hormonal, tapi setelah itu lgsg disesuaikan dengan pasiennya, dan lgsg diarahkan ke jenis KB yang sesuai. Jangan lupa tanyakan juga ke pasiennya ttg pemahaman pasien trhdp alat kb. IUD ga ada hormonalnya dek? hormon apa yg ada di IUD? coba dibaca lagi ya jenis2nya. Ingat langkah konseling GATHER.
PPN persiapan alat: tdk menyiapkan oksitosin. tidak menyiapkan posisi ibu (terlentang 1/2 duduk, mekangkang, dan mengaitkan lengan ke paha. Persiapan sebelum PPN: tdk meminta bantuan untuk mengecek DJJ dan tdk melakukan toilet vulva. Kala II : Dek, yang kamu suntikkan ke paha lateral ibu itu bukan oksitosin dek, tapi Lidokain, (lebih teliti lagi ya dek).Saat menggunting tali pusat, gunting yang kamu pakai itu bukan gunting tali pusat, aduh itu bisa membahayakan bayinya kalau terkena ujung yang tajam. Saat plasenta berada di introitus vagina, audina tdk memutar plasenta seharusnya diputar dahulu sampai selaput ketuban lepas.
RESUSITASI NEONATUS Persiapan alat dan bahan terlalu lama (4 menit). lupa informed consent keluarga. Bantalan telalu besar dan terlalu tinggi. Oksimetri tidak dipasang. Saat VTP dada tidak mengembang. Saat persiapan, Alat diletakkan jauh dari meja tindakan. Jadi saat sedang resusitasi mau ambil alat tidak sampai. Merepotkan asisten.
RESUSITASI NEONATUS (asisten) Tidak mempersiapkan diri sebagai asisten. Posisi 4 jari tidak melingkar ke belakang.
SIRKUMSISI perseiapan sudah lengkap, teknik anestesi belum benar, tolong jangan buang suit sebelum dicek anestesinya ya. teknik sircumsisi sudah sesuai, edukasi belum lengkap
Download PDF