Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711038

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 5 TA 2018/2019

30 Januari 2019

16711038

Station Feedback
AKDR IMPLANT disenfeksi dl mas baru pasang duk, disenfeksinya sirkuler ya. cek dl mas stlh dianestesi.sblm dikasih kassa bersih didisenfeksi dl yaa. kl nyeri dan bengkak itu reaksi wajar mas jd tdk perlu kembali, kembali kl sampai demam dan ada tanda inflamasi.
ANC ax sudah relevan namun masih banyak yang belum digali baik rps maupun riawyat riwayat, px: tdk cek BB dan TB, selimut dipakai nutupi paha ke bawah, tdk cek his, tdk cuci tangan stlh px, edukasi kurang maksimal krn dalam proses anamnesis kurang bisa menggali, edukasi hanya menyebutkan salah satu dari 3 poin (ANC kapan lagi jangan lupa juga disampaikan ya), sisa waktu masih banyak 4 menit (bisa memperdalam anamnesis lho)
IMUNISASI anamnesis belum ditanyakan riwayat setelah pemberian imunisasi sebelumnya. belum ditanya kondisi anak saat ini. spuit yang telah dipakai tidaak boleh digeletakkan begitu saja diatas meja, harus ditutup dan dibuang di tempat yang benar, desinfekti cukup sekali usap, jangan berkali-kali. ibu tidak diminta untuk fiksasi anak.
IPM 1 Tidak menanyakan RPD dan RPK (keluhan pada suami). Pasien sudah mengatakan suami berhubungan seksual dengan wanita lain tapi kok tidak ditanya suami ada keluhan yang sama atau tidak. Kebiasaan tentang kebersihan daerah kewanitaan juga belum ditanya.Cusi tangan tidak secara WHO. Inspeksi genitalia eksterna dilakukan setelah pasang spekulum???. Cara pasang spekulum tidak tepat, labia tidak dibuka dulu dengan 1 tangan sebelum memasukkan spekulum. Interpretasi inspeksi serviks tidak tepat (disebutkan buih hijau). Cara melapas spekulum tidak tepat. DUk yang sudah dipakai bukan ditaruh di duk steril yaa. Edukasi berisi kemungkinan tertular suami tapi belum tanya suami ada keluhan apa tidak.
IPM 2 Brudzinski I cafanya bagaimana? brudzinski II? Brudzinski III? Brudzinski IV??? Belajarlah yang lebih giat ya. Belum memeriksa tinggi badan dan berat badan (tidak sistematis), diperiksa setelah menenyampaikan diagnosisTanda Kernig belum diperiksa. Refleks fisiologis dan patologis di tangan juga belum diperiksa. Diare Cair Akut belum disampaikan. Terapi diare belum lengkap, sebaiknya diberikan Zink dan probiotik.
IPM 3 pemeriksaan fisik sebaiknya juga mengukur antropometri. perhitungan pemberian cairan masih salah. dosis zinc 10 mg kurang tepat, ini untuk anak < 6 bulan.
IPM 4 ok anamnesisnya sudah bisa menggali stressor, konseling udah mulai terarah,
KONSELING KB sip, good job Alfian :)
PPN Dx ok Persiapan alat / pasien jelaskan posisi jelaskan cara mengejan Persiapan PPN tdk disinfeksi tdk periksa djj Kala 2 pimpin ibu ke... perasat Ritgen bagaimana de... tangan kanan kurang menahan perineum... tangan kiri tidak cukup menahan gerakan kepala...bayi seteah keluar keringkan dan hangatkan y de... Kala 3 saat melahirkan plasenta tangan kiri menekan uterus dorso kranial... masase uterus maksudnya.. bukan tekanan tapi gerakan / pijatan melingkar Komunikasi akan baik memperkenalkan diri Profesionalisme hati2 mempersiapkan alat bahan y de.. jangan tumpah2 kasanya... buang sampah di tempatnya y de...
RESUSITASI NEONATUS Langkah resusitasi setelah pemebrian epinefrin, dan HR >60, maka adalah pemberian VTP,
RESUSITASI NEONATUS (asisten) OK
SIRKUMSISI jangan lupa persiapan pasien, arah injeksi harusnya tegak lurus penis bukan tegak lurus abdomen, cek anestesi itu betul2 dijepit ujung2 preputium, nge-klem koq pake needle holder, sirkumsisi hindari penggunaan gunting berujung tajam ini beresiko melukai glands penis, edukasi terkait kemungkinan komplikasi perlu diberitau
Download PDF