Sistem Nilai Ujian OSCE - 18711178

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2018/2019

28 Januari 2019

18711178

Station Feedback
KOMUNIKASI empati bahwa temannya kena musibah belum sepenuhnya tampak,, akan tetapi bisa jadi juga ini terkait dengan karakternya.. :) coba belajar berempati yaa..
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS pemeriksaan N I blm memastikan hidung tdk tersumbat, harusnya salah satu hidung ditutup bergantian. N II belum periksa visus. tdk periksa lapang pandang. pemeriksaan. N.III,IV,VI sebaiknya dawali dg mengarahkan cahaya lampu senter pada kedua mata pasien. N V hanya periksa motorik saja. N VIII belum memastikan telinga tdk ada sumbatan.
PEMERIKSAAN OTOT pemeriksaan sudah baik dan benar tapi tidak melakukan pemeriksaan kekuatan otot kaki (hanya melakukan pemeriksaan otot paha
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS pemeriksaan bisep masih kurang tepat ya de. yang lainnya trisep, patela, achiles OK.
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI persiapan alat tidak dilakukan. pemeriksaan hidung luar tidak dilakukan. pemeriksaan rhinoskopi anterior hasil tidak tepat. pemeriksaan mulut tidak dilakukan inspeksi luar, palatum, pemeriksaan tenggorokan tidak tampak.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR IC lengkap, sudah cuci tangan sebelum pemeriksaan, interpretasi pemeriksaan palpebra tidak melaporkan lebar rima palpebra, gerakan palpebra, sudah melakukan pemeriksaan pada silia, konjungtiva bulbi tidak diinterpretasikan, tidak melaporkan adanya perubahan pada permukaan sklera, saat memeriksa sklera juga seharusnya minta pasien untuk melirik ke kanan kiri, atas bawah ya/ kok kedalaman iris normal? apakah yang dimaksud COA? (yang disampaikan dan yang dikerjakan harus sesuai ya), warna iris dan bentuk iris tidak dilaporkan/ sdah melakukan dan menginterpretasi pemeriksaan kornea dan reflek pupil dengan baik, belum melaporkan posisi pupil dan bentuk, sudah melakukan emeriksaan lensa tapi interpretasi tidak jelas (monggo dilaporkan lensa jernih atau keruh)
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS informed consent mengenai tujuan pemeriksaan tidak tepat,tidak mencobakan alat pada pasien sebelum dilakukam pemeriksaan,pemeriksaan sensibilitas tidak membandingkan sisi sebelah kanan kiri, yidak membandingkan setinggi dermatom yang sama (untuk sensasi taktil dan nyeri)
PEMERIKSAAN VISUS sudah baik
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI Secara umum cukup baik, tidak melakukan valsava dan toynbee, cara melaporkan hasil pemeriksaan masih perlu diperbaiki agar sempurna. Contoh : dari pemeriksaan otoskopi didapatkan CAE..... Membran timpani.....
TEKNIK ASEPTIK Step WHO menggosokkan ujung jari dgn memutar di telapak tdk dilakukan. Persiapan alat jgn mengambil alat di meja steril dgn pean steril ya, krn tangan kita blm steril. pakai korentang. Zona C itu dibawah zona B, bukan zona A. Begitu pula zona E itu di bawah zona D bukan zona C.. Setelah lepas gaun dan sarung tangan, lakukan dekontaminasi.
Download PDF