Sistem Nilai Ujian OSCE - 18711169

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2018/2019

28 Januari 2019

18711169

Station Feedback
KOMUNIKASI lebih rileks, empati dan konsisten dalam melakukan komunikasi
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS untuk menjelaskan prosedur dan alat2 yang digunakan sebaiknya dijelaskan ke pasien saja bukan ke evaluator ya, px N.1 pastika tdk ada sumbatan dl dengan cara diminta menghebuskan nafas ya bukan hanya nanya pilek tdk, N2. tidak melakukan px visus dan lapang pandang, px 3,4,6 sudah betul buat huruf H namun harusnya ada periode berhenti u px nistagmus,tdk px konvergensi, px N.5 tidak melakukan px refleks kornea, px N.8 belum mengecek ada sumbatan tdk.
PEMERIKSAAN OTOT keseluruhan sudah baik, bisa agak lebih cepat lagi saat melakukan pemeriksaan ya...
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS sudah baik, , sebaiknya lutut terbebas dr pakian juga
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI prosedur px rhinoskopi sudah benar, untuk px mulut kurang sistematis, mestinya mulai dari labium, bucca dst. jangan langsungmengarah ke 1,3 posterior. untuk px tenggorokan juga sudah benar namun kurag sistematis, beberapa interpretasi kurang lengkap.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR pada saat informed consect jangan lupa menjelaskan tujuan dan cara pemeriksaan. sudah cuci tangan sebelum dan sesudah px. cara duduk berhadapan, lutut bertemu lutut. gunakan senter saat px palpebra dan silia. belum membalikkan palpebra superior. belum px sklera. laporan untuk px COA: nyatakan dengan jelas, apakah dangkal atau dalam, bukan tidak terlalu dalam atau tidak terlalu dangkal. jarak senter bisa lebih didekatkan lagi ke mata. saat px lensa, sudut sudah skeitar 45 derajat, usahakan pada bidang datar.
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS minta pasien menyebutkan lokasi mana yang diberikan stimulus kapas
PEMERIKSAAN VISUS minta pasien utk tutup matanya tanpa ditekan, kalau dg sneelen huruf paling atas tdk terbaca maka dilakukan pemeriksaa hitung jari dek
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI tidak melakukan palpasi tragus, inspeksi telinga luar headlamp nya dinyalakan ya. pemeriksaan otoskop hanya melihat membran timpani, CAE harusnya dinilai lagi juga ya, jadi CAE bukan hanya hanya dinilai dengan spekulum. tidak menanyakan kontraindikasi pemeriksaan valsava toynbee terlebih dahulu.
TEKNIK ASEPTIK cuci tangan WHO untuk teknik aseptik dengan air dan sabun ya dek, kemudian di lap dengan handuk bersih (bukan dengan alkohol). inisial washing tdk membersihkan kuku. Scrubbing: tidak membersihkan sela-sela jari, tidak memencet hibiscrub dengan siku, tidak sistematis dgn 6 zonasi (setelah telapak tangan kiri, kemudian setengahnya tgn kiri, baru ke telapak tangan kanan), tdk menjaga posisi tangan tetap tinggi, Gowning: tidak menjauh dari area meja sehingga baju oprasi mengenai meja (ON). glovingL sarung tangannya berlipat2 (ngelinting) saat dikenakan. Waktu habis tidak sempat melepaskan baju operasi dan sarung tangan.
Download PDF