Sistem Nilai Ujian OSCE - 18711162

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2018/2019

28 Januari 2019

18711162

Station Feedback
KOMUNIKASI secara keseluruhan sudah cukup, mungkin kurang rileks ya, komunikasinya masih terkesan seperti interograsi, lebih fokus untuk mendengarkan ya agar tidak mudah blocking,empati ditingkatkan lagi, refleksi perasaannya lebih ditingkatkan lagi ya
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS Px N.2 tdk melakukan px visus dan yang px lapang pandang kurang tepat caranya, px 3,4,6 sudah betul buat huruf H namun harusnya ada periode berhenti u px nistagmus, px N.5 tidak melakukan px refleks kornea, px N.8 belum mengecek ada sumbatan tdk.
PEMERIKSAAN OTOT baik
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS sdh baik
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI prosedur px rhinoskopi ant sudah benar, hannya anda kurang tepat dalam memegang spekulum, seharusnya ada jari yang bertumpu di pipi untuk mengendalikan masuknya spekulum. untuk px mulut kurang detil, seharusnya menggunakan spaltel menyibak bucca untuk melihat ginggiva externa, anda juga belum memeriksa bawah lidah, untuk px tenggorok sudah benar.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR sudah melakukan informed consent dengan lengkap. sudah cuci tangan sebelum dan sesudah px. sebaiknya arah cahaya saat px lensa adalah 45 derajat bidang mendatar, bukan dari atas karena cenderung tertutup kelopak atas. belum periksa kornea dengan placido--sudah dikonfirm dengan probandus. usahakan pemeriksaan runtut dari depan, dari palpebra, silia, konjungtiva, sklera, kornea dst. karena lensa ada paling dalam, umumnya dilakukan terakhir.
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS bandingkan kanan dan kiri sesuai dermatomnya
PEMERIKSAAN VISUS tujuan px pinhole utk apa?
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI tidak melakukan pemeriksaan valsava toynbee, tidak menanyakan kontraindikasi nya juga. pemeriksaan menggunakan otoskop hanya melihat membran timpani? CAE nya juga dilihat lagi ya dek.
TEKNIK ASEPTIK sarung tangan yang masih terbungkus pembungkus luarnya itu kondisinya tidak steril ya dek, kenapa di letakkan di area steril di dekat baju operator. Lengan baju kurang di naikkan sampai di atas siku sehingga saat inisial washing dan scrubbing area pembersihannya tidak sampai siku, Scrubbing: tidak membersihkan sela-sela jari tangan, untuk 6 zona itu di gosok-gosokkan dengan spon jangan hanya di lap supaya lebih bersih lagi. setelah scrubing tangan sempat terkena kran (ON). Gowning: cara memakai baju operasi kurang tepat, tidak membentuk huruf V di akhir, sehingga bagian tangan luar menyentuh pakaian operator (ON).
Download PDF