Sistem Nilai Ujian OSCE - 18711159

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2018/2019

28 Januari 2019

18711159

Station Feedback
KOMUNIKASI secara keseluruhan sudah baik, tetapi ada beberapa yang perlu diperbaiki yaitu dengarkan sampai selesai, tidak memotong pembicaraan, kurang melakukan refleksi perasaan (merefleksikan suasana hati dan mengkonfirmasi)
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS IC kurang lengkap, Px N.2 px lapang pandang tidak dilakukan, px 3,4,6 sudah betul buat huruf H namun harusnya ada periode berhenti u px nistagmus,px N.5 tdk cek motoriknya px N.8 belum mengecek ada sumbatan tdk.
PEMERIKSAAN OTOT baik
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS sudah baik, teknik dimantepin saja ya,,,cara ketuknya
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI prosedur px rhinoskopi ant anda kurang tepat dalam memegang spekulum, seharusnya ada jari yang bertumpu di pipi untuk mengendalikan masuknya spekulum. anda lupa tidak memeriksa hidung external. untuk px mulut kurang sistematis, untuk px tenggoraok usahakan jangan terlalu mengandalkan spatel karena akan terjadi perlawanan kontraksi lidah, untuk menampilkan area tenggorok cukup diminta bilang aaa saja sudah pasti akan membuka. kalo gagal baru kita memnggunakan spatel.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR sudah melakukan informed consent dengan lengkap. sudah cuci tangan sebelum dan sesudah px. posisi duduk pada pemeriksaan mata adalah berhadapan, bukan bersilangan (ini untuk THT). belum periksa simetrisitas gerakan palpebra. belum berhasil membalikkan kelopak mata atas. belum periksa sklera. interpretasi COA: dangkal atau dalam, bukan pendangkalan. jarak senter bisa lebih dekat lagi ke mata agar lebih jelas hasil pxnya. untuk periksa lensa, arah sinar 45derajat bidang datar, bukan dari atas, karena tertutup palpebra.
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS coba dahulu kapas pada kulit pemeriksa, lakukan pemeriksaan dari perifer/distal ke sentral, bandingkan langsung antara kanan dan kiri setinggi dermatom yang SAMA
PEMERIKSAAN VISUS good
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI pemeriksaan otoskop hanya melihat membran timpani, CAE harusnya dinilai lagi juga ya, jadi CAE bukan hanya hanya dinilai dengan spekulum.
TEKNIK ASEPTIK Scrubbing: mengambil sabun hibiscrubnya tidak dengan siku, tidak melakukan scrubbing dengan 6 zonasi.
Download PDF