Sistem Nilai Ujian OSCE - 18711082

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2018/2019

28 Januari 2019

18711082

Station Feedback
KOMUNIKASI Nada bicaranya terkesan agak kaku.
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS Inform consent: tidak menjelaskan cara pemeriksaan. Px nervus 3,4,6 untuk pemeriksaan gerakan huruf H ardian melakukan terlalu cepat (terburu-buru), sehingga ada tidaknya nistagmus sulit diketahui. Tidak mengarahkan cahaya pada mata untuk melihat pantulan cahaya di kornea. Tidak melakukan pemeriksaan konvergensi. Pemeriksaan nervus kranial 5: tidak melakukan pemeriksaan reflek kornea. Saat melakukan pemeriksaan sensorik selain menanyakan terasa / tidak, kasar/halus, ardian tidak menanyakan dimana lokasinya (kanan/kiri). Pemeriksaan N kranial 8: Tidak memastikan kedua telinga pasien tidak tersumbat. Pemeriksaan N 9,10: tidak merangsang reflek muntah (simulasi dengan menyebutkan cara melakukannya)
PEMERIKSAAN OTOT Sudah baik
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS pada refleks biseps: refleks tidak langsung muncul dengan 1-2x pemukulan, tidak terjadi kontraksi otot biseps yg nyata, pada refleks trisep: memukulkan palunya beberapa kali tidak pas di fosa olekranon dan belum muncul kontraksi yang nyata, refleks tidak langsung muncul dalam 1-2x pemukulan, belum tampak ekstensi yg nyata, pelaporan hasil tidak tepat, reflex PATELLA: tidak langsung muncul dengan 1-2x pemukulan.
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI cuci tangan setelah pemeriksaan ya. spekulum dibersihkan sebelum dan setelah tindakan, bisa dimasukkan ke bengkok setelah pemakaian. palpasi nasi dan ala nasi ya. hati-hatii sepkulum sebelah kiri hampir menutup saat dikeluarkan. pemeriksaan rongga mulut fairngnya juga ya.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR px konjungtiva palpebra superior kurang dibalik
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS Sudah baik
PEMERIKSAAN VISUS Peserta melakukan visus mata kanan salah, pasien yg diminta maju sampai ke depan snellen chart, bukan dengan peserta yang melakukan hitung jari dan maju di depan pasien, serta komunikasi kurang baik (tdk menanyakan nama pasien) dan inform consent kurang lengkap serta belum merekomendasikan untuk koreksi refraksi ke dokter sp. M
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI jangan lupa palpasi nyeri tekan tragus juga ya mas. ketika melakukan px otoskopi lakukan dg duduk ya. jangan berdiri. karena duduk itu lebih stabil dan lebih tenang. pada pemeriksaan dg berdiri, tubuh pemeriksa akan cenderung dapat mendorong otoskop dan dapat melukai membran timpani. hati2 dalam interpretasi ya, yakin itu sekret? itu serumen ya dek. lain2 cukup baik
TEKNIK ASEPTIK tangan tidak dijaga 90 derajat saat melakukan scrubbing, mengeringkan dengan handuk steril masih salah, sarungtangan robek, tidak mengganti dengan yang baru, melepas sarungtangan masih salah.
Download PDF