Sistem Nilai Ujian OSCE - 18711080

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2018/2019

28 Januari 2019

18711080

Station Feedback
KOMUNIKASI Lebih baik perkenalkan diri dulu ya dan tanyakan nama lawan bicara. Kurang menggapi keluhan lawan bicara. Perhatikan waktu yaa jadi tidak terburu-buru mengakhiri percakapan karena waktu sudah habis.
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS Pemeriksaan N 3,4,6:: tdk mengarahkan lampu senter pada kedua mata pasien untuk melihat pantulan cahaya pada tiap-tiap kornea. Pemeriksaan N 5: prosedur pemeriksaan sensorik masih perlu diperbaiki, selain meminta pasien menyebutkan halus/kasar, pasien juga diminta untuk menyebutkan lokasinya (kanan/kiri ya). Pemeriksaan N 8: Tidak memeriksa kondisi kedua telinga pasien ada sumbatan atau tidak. Pemeriksaan N 9 dan 10: Tidak mengamati gerakan palatum mole dengan meminta pasien mengucapkan 'aaaa'.
PEMERIKSAAN OTOT Sudah baik
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS pada BISEPS: refleks tidak langsung muncul dengan 1-2x pemukulan, belum terjadi kontraksi otot biseps, pada TRISEPS : refleks tidak langsung muncul dengan 1-2x pukul, beberapa lokasi pemukulan tidak pas di fossa olecrani, pada refleks patella lokasi pemukulan tidak pas, refleks belum muncul, kurang teliti dek lokasinya belum pas.
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI inspeksi hidung dilakukan ya. Rhiniskopi anterior. pemeriksasan mulut inspeksi bibir dulu, cek lidah dan gusi pakai spatel tongue. pemeriksaan faring kurang tepat. mint pasien membuka lidah menekan lidah dengan kuat dan minta mengucapkan aaa dengan keras agar uvula terangkat dan dapat melihat tonsil serta faring.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR tidak cuci tangan sebelum dan sesudah pemeriksaan, pemeriksaan mata bagian luar dan konjungtiva periksanya kok nggak pake senter ya, tidak melaporkan lebar rima-gerakan palpebra, tidak memperhatikan kebersihan, pelaporan pemeriksaan konjungtiva bulbi dan sklera kurang lengkap, saat periksa konjungtiva palpebra superior tidak menginstruksikan pasien melirik ke bawah sehingga pasien agak kesakitan
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS Secara umum lainnya sudah baik, tapi diskriminasi 2 titik terlewatkan tidak dilakukan, jangan lupa setelah tindakan cuci tangan kembali
PEMERIKSAAN VISUS Peserta belum meminta pasien untuk melepas kacamata
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI perhatikan ketika pasien menjauh atau merasa terlalu dalam, jangan dipaksakan ya, bisa berbahaya, jangan terlalu dalam. inspeksi dan palpasi sudah dilakukan cukup baik. manuver dilakukan tp lupa menanyakan apakah sedang batuk atau pilek ya (kontraindikasi). jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah ya mas. jangan lupa menjaga kebersihan ya, buang semua kotoran pada tempatnya
TEKNIK ASEPTIK menutup kran air harus rapat ya agar efisien. on karena memakai korantang untuk mengambil plastik hanscon luar yang tidak steril.
Download PDF