Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711174

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 3 TA 2018/2019

14 Januari 2019

17711174

Station Feedback
HEMATROKIT OK
HEMOGLOBIN Stlh mengambil darah jgn lupa diaduk dan ditaruh di tabungkomparator lalu ditunggu lisis dlu
Injeksi Intravena Peserta tidak melaporkan tempat yang akan diinjeksi ke evaluator
Komunikasi Salam ok, memperkenalkan diri, menggali identitas, kontak mata, suasana komunikasi, menutup pembicaraan dengan salam, tidak menggunakan nama pasien dalam komunikasi. / Keluhan utama ditanyakan, onset ok, durasi tidak digali oleh dokter tapi disampaikan oleh pasien , frekuensi oke, lokasi ok dan penyebaran ok, karakter/tipe ok, yang memperberat ok, memperingan ok, upaya pengobatan ok./ Anamnesis sistem sara f ok, kv (disampaikan oleh pasien), respi tidak digali, digestif (disampaikan oleh pasien), urogenital (ditanyakan tapi kurang relevan), integumen (warna dan ukuran ujung jari kurang relevan), endokrin, muskuloskeletal (nyeri tengkuk, pegal2 kurang relevan). / Pertanyaan banyak terbuka/tertutup, kurang mendorong pasien menceritakan keluhan, mencatat informasi di RM dengan baik, bertanyanya kurang sistematis, relevan/ riwayat keluarga , kebiasaan olahraga, tidak perlu ditanyakan untuk fase ini
Pemasangan Infus infus set yang dipersiapkan tidak sesuai skenario (perintah transfusi yng disiapkan makro), memastikan vena setelah dipasang torniquet sehingga daerah yang telah didesinfeksi disentuh lagi (dan tidak didesinfeksi lagi)
Pengecatan Gram / ZN lbh cermat lagi. Penggunaan masker sebaiknya diawal sebelum tangan menentuh yg lain2. Saat melewatkan gelas obyek di atas api pakai ala bantu, jgn dg tangan langsung. Jgn tergesa saat mengerjakan, cermat tetapi tepat.
Pungsi Vena
Refleks Patologis dan GCS baik
SEDIAAN APUS TEBAL DAN TIPIS metanol maupun buffer sebaiknya dikeringkan dulu, kemudian diberikan tetesan giemsa. agar larutan tidak saling bercampur.
Download PDF