Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711173

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 3 TA 2018/2019

14 Januari 2019

17711173

Station Feedback
HEMATROKIT Menaruh tabung di dalam sentrifusnya terbalik ya dik. RPMnya bukan 1200
HEMOGLOBIN Sebelum ditambah akuades, ditunggu lisis dl ya
Injeksi Intravena peserta tidak sistematis saat melakukan prosedur injeksi dimana memakai sarung tangan dahulu baru mempersiapkan alat, seharusnya persiapan alat dahulu, baru cuci tangan dengan spray dan memakai sarung tangan, tunggu kering dahulu bekas alkohol setelah desinfeksi baru suntikan obat, kapas yang digunakan untuk menahan jarum yang disuntikan sebaiknya menggunakan kapas kering bukan kapas basah alkohol karena akan perih jika menggunakan kapas basah alkohol, buang semua sisa alat yang terkontaminasi ke bengkok, pemilihan daerah yang akan diinjeksi tidak dilaporkan ke evaluator
Komunikasi Salam ok, memperkenalkan diri, menggali identitas ok, kontak mata, suasana komunikasi, menutup pembicaraan, tidak menggunakan nama pasien dalam komunikasi./ Keluhan utama ditanyakan, onset ok, durasi ok, frekuensi ok, lokasi ok dan penyebaran ok, karakter/tipe, yang memperberat, memperingan, upaya pengobatan/ Anamnesis sistem saraf ok, kv (idem digestif), respi ok, digestif (tidak diarahkan oleh dokter, tapi disampaikan oleh pasien), urogenital (bak tidak relevan), integumen (bengkak dan merah tidak relavan), endokrin (tremor tidak relevan), muskuloskeletal (pegal2 tidak relevan). / Pertanyaan terbuka/tertutup cukup berimbang, cukup mendorong pasien menceritakan keluhan, mencatat informasi di RM dengan baik, penggalian sistematis, riwayat makan,riwayat keluarga, merokok tidak perlu ditanyakan untuk fase ini.
Pemasangan Infus perhatikan faktor kebersihan, 3 kali mengulang penusukan kateter intravena dan sudah dilakukan dengan prosedur yang cukup baik
Pengecatan Gram / ZN proteksi diri dg masker. Perhatikn lagi cara fiksasi. Saat bekerja gunakan alat bantu saat memegang kaca objek. Pili loksi mengeringkan yang aman di sekitar area pengectan. Jgn lups desinfekdi sarung tangan & cuci tangan sesudahnya.
Pungsi Vena latihan lagi, jangan gugup
Refleks Patologis dan GCS baik
SEDIAAN APUS TEBAL DAN TIPIS metanol maupun buffer sebaiknya dikeringkan dulu, kemudian diberikan tetesan giemsa. agar larutan tidak saling bercampur.
Download PDF