Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711112

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 3 TA 2018/2019

14 Januari 2019

17711112

Station Feedback
HEMATROKIT membaca hasil nya benar, tetapi tidak diinterpretasikan.
HEMOGLOBIN tidak menunggu 2 menit terlebih dahulu sebelum diencerkan. pengenceran terlalu terang.
Injeksi Intravena konfirmasi identitas pasien ya, botol obat didesinfeksi dulu, cara mengukur sepertiga sias ke coxygeus itu menyerong/miring bukan mendatar, kalo nyuntik itu sekali nyuntik jangan disuntik cabut terus pindah lokasi lagi, coba lebih serius lagi ya jangan cengar-cengir,
Komunikasi siti sambung rasa kurang baik, identitas pasien kurang lengkap digali (alamat, pekerjaan), padahal ini bisa memberikan informasi yang bayak berkaitan dengan diagnosis, penggalian informasi lebih banyak dengan pertanyaan tertutup. dan pertanyaan masih belum sistematis (masih bolak balik). ax sistem respirasi yg berhub dengan demam paling sering batuk-pilek belum digali (hanya menanyakan sesak nafas), penggalian sistem digest kurang lengkap (pasien sudah menyebut mual sebaiknya digali lagi), sistem genitourinaria, sistem muskuloskeletal, sistem kardiovaskuler dan endokrin belum ditanyakan sama sekali.
Pemasangan Infus perhatikan lagi bagian2 yang perlu dijaga sterilitasnya yaaa.. jangan sampai tersentuh atau dibiarkan menggantung krn akan berisiko terkena benda lain yg tdk steril. Ujung threeway yg akan duhubungkan ke abocathnya juga ditutup kembali dengan penutupnya, jangan dibiarkan terbuka apalagi ditaruh begitu saja di alas alat yang tidak steril. tolong aseptiknya diperhatikan kembali yaa untuk bagian2 alat yg memang harus dijaga sterilitasnya. saat memasukkan abocath jangan sampai tangannya menyentuh kanul abocathnya yaa.. jangan dilepas dulu jarum yg di abocath kalau kanulnya belum masuk semua, dan apabila sudah terlanjur dilepaskan padahal masih banyak kanul yang masih diluar, jangan dimasukkan lagi jarumnya, ditarik aja kanul yang sdh terpasang, lebih baik diulangi pemasangan abocathnya, drpda berisiko merobek vena atau risiko lainnya kanul terlepas dalam oembuluh darah apabila jarum abicathnya dimasukkan kembali ke dalam kanul yang sdh sebagian masuk ke dalam pembuluh darah.
Pengecatan Gram / ZN menghangatkan osce setelah pembuatan praparat kurang sempurna, seharusnya jika menghangatkan preparat yang telah dibri pewarnaan maka bunsennya yang dibawa ke rak pewarnaan dik (bukan sebaliknya), resiko cairan banyak yang jatuh selama mobilisasi tsb.
Pungsi Vena tidak menunjukkan vena yang akan dipungsi pada evaluator,tidak melakukan cara untuk memperbesar vena,tidak memasang label dan menulis identitas yang lengkap pada tabung,profesionalisme kurang karena kurang teliti (tidak memasang label)
Refleks Patologis dan GCS Cuci tangan sdh dilakukan, utk rangsang nyeri gunakan cara yang lbh jelas shg bisa menilai dengan baik
SEDIAAN APUS DAN PENGECATAN WRIGHT terus berlatih lagi
Download PDF