Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711078

FEEDBACK OSCE REMEDIASI 1 SEMESTER 2 AGUSTUS 2018 TA 2017/2018

23 Agustus 2018

17711078

Station Feedback
KOMUNIKASI cara bertanya masih terkesan interogatif. gunakan jawaban pasien untuk direspon, lalu dikembangkan jadi pertanyaan lain. agar tidak terlihat hanya menanyakan daftar pertanyaan. sudah sempat merespon secara verbal jawaban lawan bicara. ucapkan pertanyaan dengan jelas, agar lawan bicara tidak sering2 menanyakan "gimana dok?". sudah menanyakan harapan, kekhawatiran. ekspresi muka sebaiknya disesuaikan dengan situasi dan jawaban lawan bicara, jangan datar2 aja... (pada saat mengetahui suami lawan bicara sudah meninggal, lalu sudah minta maaf dan menyampaikan duta cita --> bagus, bentuk empati). sudah merespon gerakan tangan pasien yang kedinginan. sempat agak lama sepiiii, kelihatan bingung dan berpikir. setelah sepi yng kedua akhirnya komunikasi ditutup... banyak2 latihan dengan tetangga dan teman2 ya dek... kurangi kebiasaan memanggil dengan "ibuknya"
PEMASANGAN EKG v4,v5 salah sic, v6 salah linea, blm cuci tangan setelah px
PEMASANGAN KATETER tempat gel itu tidak steril jadi jangan diletakkan di meja steril ya, ini on, selimut pasien dibuka ya, jangan cuma diangkat dikit, tidak pakai duk, saat desinfeksi maupun insersi tangan kiri jangan pegang2 vulva kan jadi on, biasakan insersi kateter pake pinset ya, 1 lagi biaskan pake handscoen yg pas jangan kebesaran, utk tangan mu ya ukuran max 7,
PEMERIKSAAN ABDOMEN DAN GINJAL ok
PEMERIKSAAN FISIK LEHER inspeksi sebaiknya dari semua sisi. palpasi kelenjar tiroid pasien tdk diminta menelan ludah. tdk menyebutkan indikasi auskultasi. tdk palpasi lnn pre dan post auricular.
PEMERIKSAAN FISIK THORAX
PEMERIKSAAN VITAL SIGN kalau interpretasi satu2 ya mas, nafas dulu atau nadi dulu. ketika mengukur tekanan darah, posisi tangan pasien letakkan di area datar ya mas, jangan ditekuk gitu. lalu ketika mau mengukur lagi, pastikan manset tidak berisi udara, itu masih gembung gt km mulai ukur lagi, jangan lama2 tekanannya nyeri lho tangannya. perhatikan kenyamanan pasien, jangan mendorong membran stetoskop di fosa cubiti, maksudnya supaya lebih dengar ya, tapi pasien sangat tidak nyaman ya mas.
Download PDF