Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711169

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 6 TA 2017/2018

16 Agustus 2018

15711169

Station Feedback
IPM CARDIOVASKULER Dirga..jangan terpengaruh informasi ujian hari sebelumnya!!!!! Pasien sesak nafas pd aktivitas, membaik dg istirahat, sesak saat berbaring membaik dg duduk --> tanda apa ini dispneu d'effort, orthopneu --> dijumpai pd kasus apa? Kalau ke sindrome koroner akut (UAP, NSTEMI, STEMI) keluhannya kan beda sekali dek... belajar lagi..
IPM ENDOKRIN METABOLIK Anamnesis bagus. Setelah diberikan data pemeriksaan penunjang, jeda dengan penjelasan terapi dan edukasi terlalu panjang, sehingga pasien kurang nyaman. Pasien juga perlu diberi info bahwa pasien perlu rawat inap dan oksigenasi.
IPM GASTROINTESTINAL ax kurang ttg faktor resiko, dx gastritis dg dd gerd dan tukak lambung ini kurang tepat ya, kan keluhan nya panas di dada. px fisik kalo perintahnya yg "relevan" berarti semua kemungkinan yg logis berdasar hasil Ax harus kita periksa, VS, thoraks, abdomen pun juga harus runut IAPP jangan hanya palpasi doang ya,
IPM GENITOURINARIA pemeriksaan Rectal toucher tidak menggunakan hand schoen,prosedur pemeriksaan salah (jangan asal memasukkan jari y dek,relaksasikan dulu sphingter ani, perhatikan lagi apa data yang dicari dari pemeriksaan ini?tanyakan penguji tanda2 pembesaran prostat jangan langsung bertanya ada pembesaran atau tidak),Prosedur pemasangan kateter tidak tepat (posisi pemasangan seharusnya penis 90 derajat dan dipegang dengan telapak tangan buan hanya jari2 tangan saja,melakukan tindakan tidak lege artis karena mengulang2 tindakan pemasangan kateter,komunikasi dengan paien kurang (tindakan ini adalah tindakan yg invasif dan tidak nyaman untuk pasien jadi pastikan berikan isyarat verbal pada pasien),diagnosis kurang lengkap,kateter tidak dapat terpasang
IPM KULIT salah satu ciri khasnya adalah central healing, jangan hilang dari deskripsi ukknya. diagnosis pvc salah. durasi pemberian obat kurang tepat. pemilihan terapi sebaiknya diberikan topikal terlebih dahulu, bila tidak membaik baru yang sistemik. atau bila jumlah lesi banyak maka bisa langsung diberikan sistemik.
IPM MATA faktor risiko belum tergali, riwayat alergi, keluhan belum di eksplor lagi ini keluhan gatal di kedua mata selain mata merah, diagosa salah bukan virus ini alergi, obat salah jadinya dikasih acyclovir, edukasi kurang lengkap terkait faktor risiko penyakitnya..
IPM MUSKULOSKELETAL pemeriksaan fisik ketika palpasi bisa anda cari apakah teraba hangat, apakah ada krepitasi, bagaimana range of movementnya? gitu ya. untuk px penunjang anda bisa lakukan px radiologis genu destra. oh ok akhirnya anda menanyakan. well done. komunikasi dan edukasi jangan ragu2 ya mbak. yg mantab dan percaya diri
IPM NEUROBEHAVIOR Px neurologis: tidak hanya pemeriksaan keseimbangan dan dixhalpix saja tetapi perlu dipemeriksa N II, N VIII, reflek fisiologis dan reflek patologis juga perlu dilakukan. Terapi: domperidone (untuk mual / muntahnya) tetapi tidak untuk vertigonya, diazepam pada kasus ini tidak diperlukan ya dek. Coba dibaca lagi terapi untuk BPPV itu apa saja ya (dimen, betahistin, dll). Edukasi: pasien perlu diedukasi juga untuk minum obat teratur, gunakan penyangga kepala saat tidur dan tidak miring pada posisi yang sakit, hindari gerakan yang tiba-tiba seperti menengadah/kepala berputar.
IPM SISTEM RESPIRASI interpretasi foto rontgen kurang jelas, penambahan obat antihistamin kurang tepat
IPM THT anamnesis kurang menggali faktor resiko. pemeriksaan fisik tidak sistematis. inspeksi tidak menggunakan headlamp. palpasi bingung apa yang dipalpasi. cara menggunakan otoskop tidak tepat. kalau memeriksa telinga kiri berarti tangan apa yang memegang otoskop nya Dirga? cara megangnya bagaimana yang benar biar pasien tidak kesakitan? otoskop tidak masuk, kalau tidak masuk bagaimana cara melihat membran timpaninya? instruksi pemeriksaan garputala kurang jelas,pasien jadi bingung. pemeriksaan rinne juga salah, seharus nya bagaimana? jika dibelakang tdk terdengar kemudian dipindah ke depan, seharusnya pemeriksaan selesai. Diagnosis hanya menyebutkan otitis media, tidak lengkap. Dirga kok kelihatan bingung banget? Tidak sempat edukasi waktu habis. terapi kurang tepat karena memberikannya ear drop ya Dirga, obat tidak akan sampai ke telinga tengah.
Download PDF