Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711127

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 6 TA 2017/2018

16 Agustus 2018

15711127

Station Feedback
IPM CARDIOVASKULER Penggalian RPD & kebiasaan kurang, Px fisik kurang JVP, abdomen (ada asites?), ekstrimitas (edema?). Cara hitung CTR? Interpretasi EKG? Apa betul ada ST elevasinya? kalau ada kenapa gak di dx STEMI? ^_^.. Dx CHF kurang gradenya, Tidak menyebutkan HT st 2. Terapi kurang antihipertensinya.
IPM ENDOKRIN METABOLIK Pertanyaan ax kurang mengarah/relevan, FR belum tergali. Dx : goiter, DD : hipertiroid Graves, Hashimoto
IPM GASTROINTESTINAL pemeriksaan fisik head to toe nya mna? pemeriksaan abdomennya IAPP, mana auskultasi di semua abdomen. pemeriksaan penunjang selalu mulai dari yg sederhana dulu. dokter umum jarang sekali melakukan USG abdomen.
IPM GENITOURINARIA interpretasi DR kurang lengkap, dx kurang lengkap...balon pake air bukan udara ya..
IPM KULIT dek utk px fisik dilakukan px tdk hanya inspeksi tp juga palpasi, kmd deskripsi ukk itu gak ada trasa gatal ya dek. gatal itu simptom, utk scrapping , kulit dibersihkan ya pakai normal saline, kmd utk edukasi tatalaksana tolong ditekannya lamanya pengobatan dan kepatuhan penggunaan obat. utk pemilihan terapi ketokonazol sudah benar, namun perlu diperhatikan bentuk sediaan obat dan jumlahnya obat yg akan diberikan terkait dg luasnya lesi dan lama pmberiaan.
IPM MATA visus: salah satu mata tidak ditutup, tidak cuci tangan, edukasi tentang cara penggunaan obat tidak lengkap
IPM MUSKULOSKELETAL DD harusnya pseudogout bukan osteoartritis
IPM NEUROBEHAVIOR Ax : Faktor risiko pekerjaan pasiennya thd keluhan pasien apa?. Px Neurologis : Lasseque dan kontra lasseque : oke. cara penggoresan px babinski gmna yang benar? posisi memegang palu refleksnya bgmn?. Kenapa ketuk trisep kirinya pakai jari? kok ga dipake palu refleksnya dan baru di pake yang kanan?. Px sensibilitas tidak dilakukan. Refleks Fisiologi sebaiknya dilakukan yang relevan dengan keluhan pasien. sebaiknya dilakukan yang di ekstremitas bawah yaa. 2 Px penunjang : Ro Lumbo sakral dan MRI. Interpretasi hasil penunjang : interpretasi hasil ro nya terkait penyempitannya gmna? ada ga? Dx : LBP e.c. HNP. 2 DD : Osteoartritis, Osteoporosis. --> coba cari DD nya yg lain yaa yg bisa lbh mendekati. :) Edukasi : tidak muncul edukasi terkait faktor risiko pekerjaannya pasien. Jelaskan juga hal2 apa saja yg perlu diperhatikan pasien untuk mengurangi risiko selain dari angkat beban yg berat. tindakan apa saja yg bisa dilakukan pasien untuk mengurangi keluhan pasien? misal berbaring di alas yg keras dan datar. atau pakai korset. sampaikan juga perlu tindakan apalagi misal kemungkinan2 tindakan operatif.
IPM SISTEM RESPIRASI Anamnesis, hal yang memperberat dan memperingan belum ditanyakan. RPK belum digali. Usulan pemeriksaan penunjang, DR dan photo thorax, interpretasi kurang lengkap keduanya. Diagnosis menyebut TB paru dan 1 DD benar. Terapi, menyebutkan 2 obat dengan benar tetapi dosis, sediaan dan jumlah keseluruhan tidak tepat.
IPM THT kurang lengkap anamnesisnya dengan mengali kebiasaan pasien, pemeriksa dalm posisi berdiri padahal disediakan kursi periksa, DD kurang tepat,lupa cuci tangan setelah periksa pasien, jumlah obat dan berapa kali minum obat sehari kurang tepat kalau hanya dua kali,
Download PDF